Beredar Foto Diduga KH Ahmad Dahlan Kunjungi Gereja, Ternyata Begini kenyataannya

Senin 24-05-2021,11:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

JAKARTA- Baru-baru ini sebuah foto yang dinarasikan bahwa pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan mengunjungi sebuah Gereja Kolase Xaverius dan bertemu Romo van Lith viral di media sosial.

Dalam foto tersebut, dua pria berpose dibelakang Gereja Kolase Xaverius. Sosok dalam foto tersebut disebut sebagai KH Ahmad Dahlan dan Romo van Lith. Foto itu ikut diunggah oleh akun Twitter Literasi Muhammadiyah @tajdidmu.

“Pendiri Muhammadiyah Kiai Dahlan ternyata pernah mengunjungi Gereja. Bersama muridnya, Ia mendatangi Kolase Xaverius untuk menemui Romo van Lith mengenai bentuk pendidikan ideal bagi rakyat pribumi, tulis aku @tajdidmu ini.

Namun nyatanya, foto itu hoax. Hal ini disampaikan oleh pendiri aplikasi Drone Emprit, Islam Fahmi. “Hoaks: Foto K.H. Ahmad Dahlan pakai celena pendek di atas lutut mengunjungi gereja temui Romo Van Lith,” tukis Islam Fahmi di Twitter-nya, senin (24/5).

“Banyak beredar di Twitter spt di akun @SinthaS5, dan artikel2 Pikiran Rakyat, SuaraCom, foto ini dg caption KH AD ketemu Van Lith di gereja Kolase Xaverius, 8 Mei 2021,” sambungnya.

Ismail Fahmi menelusuri foto tersebut dan menemukan sumber foto itu dari sebuah situs asing.

“Penelusuran Reverse Image di Yandex menampilkan sumber foto ini paling awal dari situs AsiaNews tgl 19 Okt 2016, Indonesia Honours Fr van Lith, first missionary in Java, ” katanya.

2

Baca juga:

Tolak Bayar Parkir, Driver Taksi Online Ditusuk

Survei Puspoll, Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ini Kelemahannya

Klarifikasi Pria Marah-marah di Pom Bensin Sende: Belum Masuk Waktu Jumatan, Mogok di Pasar Minggu

Tags :
Kategori :

Terkait