13 Desa Ikuti Lomba Perpustakaan Desa

Selasa 25-05-2021,15:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Rendahnya literasi di masyarakat merupakan tanggung jawab besar bagi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon. Sebagai leading sektor, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memiliki peran dalam peningkatan literasi masyarakat maupun warga sekolah.

Kepada Radar Cirebon, Kepala Bidang Pembinaan Pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, Kania Agustina SKM, menuturkan, sebagai wujud dari pelaksanaan pembinaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Cirebon mengadakan berbagai kegiatan. Di antaranya menyelenggarakan lomba perpustakaan kepada 13 desa/kelurahan tingkat Kabupaten Cirebon.

“Ada 13 desa yang terpilih untuk mengikuti lomba perpustakaan desa tingkat Kabupaten Cirebon. Nanti juara 1 akan diikutsertakan ke tingkat Provinsi. Sekarang sampai 27 Mei 2021 sedang dilakukan penilaian visitasi,”ungkap Kania kepada Radar Cirebon, Senin.

Ke-13 desa yang mengikuti lomba perpustakaan desa ialah Susukan Lebak, Karangwangi Kecamtan Karangwareng, Desa Purwawinangun, Desa Susukan, Desa Wiyong, Desa Beber, Desa Kamarang, Desa Klangenan, Desa Cangkring, Desa Kemlakagede, Desa Palir, Desa Sindangjawa, dan Desa Purbawinangun.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi perpustakaan desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan kinerjanya. Baik dari sisi sarana dan prasarana maupun dari sisi kegiatan internal perpustakaan desa itu sendiri yang muaranya adalah pemanfaatan perpustakaan desa secara optimal oleh masyarakat,” tutur Kania.

Perpustakaan desa tersebut saling beradu program dan berbagai kegiatan dengan tujuan menarik minat masyarakat agar mereka berkunjung dan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan untuk melatih mereka berliterasi agar memunculkan pemikiran cerdas dan kritis.

“Dalam lomba tersebut sudah ada kriteria penilaiannya yang mengacu dari juknis Perpustakaan Nasional, seperti kelembagaan (organisasi/ struktur), gedung/ ruang perpustakaan, sarana dan prasarana, tenaga pengelola perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, anggaran perpustakaan, kerjasama perpustkaan, promosi perpustakaan, serta hasil kegiatan perpustakaan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

2

Melalui lomba perpustakaan desa ini diharapkan timbul gairah kerja bagi kecerdasan masyarakat pengelola perpustakaan desa serta memancing para pengambil keputusan di desa agar mereka saling bersinergi meningkatkan peran perpustakaan desa yang memang sangat strategis dalam berpartisipasi meningkatkaan kecerdasan dan kepekaan masyarakat terhadap berbagai persoalan yang muncul.

Publikasi dilakukan satu bulan sebelum pelaksanaan lomba dengan maksud agar pengelola perpustakaan mempunyai waktu untuk persiapan memenuhi kriteria-kriteria standar perpustakaan yang baik, agar mereka siap berkompetisi dengan sehat dan menumbuhkan rasa optimis untuk membawa perpustakaan yang dikelolanya lolos sebagai pemenang.(via)

Tags :
Kategori :

Terkait