Ketersediaan Tinta Cetak Hampir Habis, Layanan KTP Elektronik di Kota Cirebon Terancam Terhenti

Kamis 27-05-2021,22:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Ketersediaan tinta cetak di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon hampir habis. Sehingga Layanan KTP Elektronik di Kota Cirebon terancam terhenti.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdukcapil Kota Cirebon Atang Hasan ditemui radarcirebon.com usai menghadiri halal bihalal di Gedung DPRD Kota Cirebon, Kamis (27/5) mengatakan, Pemerintah daerah masih menunggu tambahan tinta melalui proses pengadaan pihak ketiga.

\"Kalau ketersediaan blangko masih tercukupi di Disdukcapil Kota Cirebon. Yang kurang itu tintanya tinggal 10 buah yang hanya cukup sampai akhir bulan ini. Kalau sampai akhir Mei ini belum selesai proses lelang, maka pelayanan pembuatan KTP akan dihentikan. Kami cetak sesuai kemampuan saja. Karena tinta sangat terbatas. Terpaksa, kami stop dulu sampai tinta cetak ada,\" katanya.

Menurut Atang, pengajuan pembuatan e-KTP sangat banyak.

\"Masyarakat yang mengajukan e-KTP didominasi karena alasan pindah domisili, pindah alamat kependudukan, ganti status, hingga karena rusak dan hilang. Pengajuan pembuatan e-KTP selalu ada setiap harinya,\" ujarnya

Atang menuturkan, satu buah tinta mampu mencetak hingga 500 keping e-KTP.

\"Berdasarkan perhitungan ketersediaan saat ini hanya mampu mencetak 5.000 ribu keping saja, sedangkan kami harus bisa mengakomodir semuanya. Dalam sehari kami mampu mencetak e-KTP sebanyak

2

250 keping perhari,\" pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait