Pengembangan Pelabuhan Cirebon Masih Digodok Sesuai Rencana

Sabtu 29-05-2021,13:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Pengembangan Pelabuhan Cirebon terus berjalan dan masih digodok sesuai rencana.

Rencananya, Pelabuhan Cirebon akan menjadi pelabuhan heritage dan terminal petikemas.

\"Kita sudah bicarakan dan masih terus digodok rencana pengembangan Pelabuhan Cirebon. Kita akan ubah Pelabuhan Cirebon menjadi pelabuhan heritage. Mudah-mudahan ini menjadi langkah kedua setelah Pelabuhan Sunda Kelapa. Karena ada hubungan historicalnya sangat erat antara Pelabuhan Sunda Kelapa dengan Pelabuhan Cirebon,\" ungkap Komisaris PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) Sabri Saiman ditemui radarcirebon.com di Gedung Korpri Kota Cirebon, Sabtu (29/5).

Menurut Sabri, pihaknya juga akan mengubah Pelabuhan Cirebon terkait bongkar muat kapal.

\"Selama ini Pelabuhan Cirebon hanya kapal yang masuk membongkar barang, yang bongkar tidak ada. nah kita sudah sepakat dengan para produsen untuk merubahnya, kapal yang masuk ke Pelabuhan Cirebon bukan hanya membongkar, tapi juga memuat barang,\" ujarnya.

Terkait akan dijadikannya terminal petikemas, Sabri menuturkan, rencana tersebut masih dibahas.

\"Ya rencana itu sedang terus dibahas di pusat (Jakarta). Dalam waktu dekat ini, akan dibuka jalur Cirebon dengan Pontianak untuk angkutan Kontener atau petikemas,\" tuturnya.

2

Sementara itu, Eka Nugraha selaku General Manager PT PTP Cabang Cirebon mengatakan, pengembangan Pelabuhan Cirebon menjadi pelabuhan heritage merupakan in-line (berhubungan) dengan rencana program Pemkot Cirebon.

\"Heritage Pelabuhan Cirebon merupakan in-line dengan program Pemkot Cirebon. Perlu diketahui bahwa di Pelabuhan Cirebon banyak bangunan tua peninggalan Belanda, sehingga cocok menjadi sebuah pelabuhan heritage untuk mengembangkan pariwisata di Kota Cirebon,\" katanya.

Eka juga menuturkan, terwujud tidaknya Pelabuhan Cirebon menjadi terminal petikemas tergantung dari dukungan dari seluruh stakeholder.

\"Rencana Pelabuhan Cirebon menjadi pelabuhan petikemas tidak dapat berjalan sendiri jika tidak ada dukungan dari pemerintah setempat (Pemkot) dan stakeholder lainnya,\" tuturnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait