6 Tips Penggunaan Eyeliner

Selasa 01-06-2021,08:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Memakai penegas garis mata atau eyeliner memang susah-susah gampang. Ada beragam jenis eyeliner dari mulai pensil hingga kuas. Warnanya juga beberapa macam. Misalnya hitam, abu-abu, dan biru serta cokelat. Tak bisa asal pakai, eyeliner harus mengikuti garis mata sesuai bentuknya.

Di tangan para ahli kecantikan, ada beberapa tips untuk menggunakan eyeliner untuk berbagai jenis mata yang berbeda seperti dilansir dari Hello Giggles yang dikutip Jawapos Minggu (30/5).

1. Eyeliner untuk mata almond

Sesuai dengan namanya, bentuk mata ini terlihat seperti buah almond. Saat memiliki mata almond, penata rias selebriti Erin Parsons menyarankan untuk mencari bagian putih mata Anda, yang terletak di bawah iris. Jika Anda tidak dapat melihatnya, Anda mungkin memiliki mata almond. Untuk definisi maksimal, Parsons merekomendasikan bentuk almond untuk membuat tampilan berlapis dengan menggunakan gel dan eyeliner cair.

“Saya selalu suka membuat sketsa dulu, itulah mengapa saya menggunakan pensil. Liner cair lebih maksimal di sepanjang kelopak mata atas dan sayap tipis di ujung luar,” katanya.

2. Eyeliner untuk mata berkerudung

Mereka yang memiliki mata berkerudung atau kelopak besar biasanya memiliki tulang alis yang menonjol dan lipatan yang dalam. Sehingga membuat mata tampak lebih kecil dari yang terlihat.

2

Penata rias Mai Qunyh memberi saran. Dengan bentuk mata ini, saat mata terbuka, kelopak mata bagian dalam biasanya menghilang.

“Jenis mata berkerudung harus selalu menggunakan liner cair yang dipasangkan dengan eyeshadow, tetapi merekomendasikan untuk menghindari skema warna gelap. Karena mata sudah tampak lebih kecil, menambahkan terlalu banyak bayangan atau liner gelap dapat membuatnya terlihat lebih kecil,” jelasnya.

Sebagai gantinya, dia menyarankan untuk menggunakan warna sedang atau cerah di atas lipatan mata. Dengan begitu, saat membuka mata, akan bisa melihat warnanya.

3. Eyeliner untuk mata bulat

Menentukan apakah Anda memiliki mata bulat adalah kebalikan dari mengidentifikasi mata berbentuk almond. Anda harus dapat melihat bagian putih mata Anda di bawah iris.

Penata rias Terrell Mullin mengatakan mata bulat dapat terlihat menarik, apa pun eyeliner yang mereka pilih. Jika Anda ingin memanjangkan mata, Anda dapat menggunakan cat eye tradisional dan mengoleskan eyeliner ke atas saat melakukannya dan memperluas ke sudut mata untuk efek yang lebih berani.

Sebagai liner pilihannya untuk jenis mata bulat, eyeliner pensil lebih baik. Karena warnanya sangat halus dan bagus untuk corengan dan melembutkan garis.

4. Eyeliner untuk mata sayu

Tags :
Kategori :

Terkait