Peningkatan Perekonomian Melalui UMKM

Rabu 09-06-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SETELAH masa pandemi, perekonomian menjadi hal utama yang ditingkatkan. Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) bagian dari sentra ekonomi masyarakat. Untuk itu, Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui Dinas Perdagangan Koperasi UKM (DPKUKM), membina dan memfasilitasi UKM agar lebih berkembang.

Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH secara resmi membuka sentra UMKM di alun-alun Kejaksan, Selasa (8/6). Dalam kesempatan tersebut, turut mendampingi Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati dan Sekretaris Daerah Drs H Agus Mulyadi MSi. “Sentra UMKM di alun-alun ini, menjadi pemantik peningkatan perekonomian masyarakat,” ucap Walikota Azis.

Karena itu, Nashrudin Azis meminta DPKUKM untuk terus melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para pelaku UMKM. Dengan membeli produk UMKM, lanjutnya, sama dengan membantu pemerintah memulihkan dan meningkatkan perekonomian warga. Termasuk pula menambah jumlah pekerja sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat.

Kepala DPKUKM Kota Cirebon drh Hj Maharani Dewi menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Jawa Barat, Walikota, Wakil Walikota dan Sekda Kota Cirebon, atas dukungan dan motivasi kepada DPKUKM, sehingga mampu mewujudkan sentra UMKM dalam tenggat waktu yang ada. “Sentra UMKM ini ajang promosi,” lugasnya. Semua pihak, dapat mendukung peningkatan perekonomian dengan membeli produk UMKM.

Saat ini, sentra UMKM alun-alun di isi 70 UMKM dengan 200 produk. Secara umum, ujar Maharani Dewi, jumlah UMKM di Kota Cirebon sekitar 2 ribu. Secara bertahap, penataan dan pemberdayaan UMKM dilakukan dengan sinergitas berbagai pihak. Kehadiran sentra UMKM, tuturnya, bentuk nyata keberpihakan Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Cirebon.

Meningkatkan kualitas UMKM, Dinas yang dipimpin Maharani Dewi secara rutin melakukan sosialisasi aturan terbaru, membantu peningkatan kualitas dan pengemasan produk, serta memfasilitasi UMKM agar lebih berkembang. Tidak sendiri, DPKUKM menggandeng berbagai pihak mitra pemerintah maupun swasta, untuk bersama-sama mengembangkan UMKM Kota Cirebon hingga kancah nasional. (ysf)

Tags :
Kategori :

Terkait