Kelurahan Kesenden Siapkan 2 RW untuk Lomba Kebersihan Tingkat Kota Cirebon

Jumat 11-06-2021,18:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

CIREBON - Lomba kebersihan RW tingkat Kota Cirebon akan kembali digelar. Sejumlah kelurahan mulai menyiapkan diri untuk mengikutinya.

Salah satunya adalah Kelurahan Kesenden yang menyatakan siap untuk mengikuti lomba kebersihan RW tingkat Kota Cirebon.

\"Lomba kebersihan RW tingkat Kota Cirebon ini diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon. Sesuai arahan dari DLH Untuk Lomba RW Bersih dibagi menjadi dua kategori, yaitu RW yang sudah memiliki bank sampah dan RW yang belum memiliki bank sampah, kami akan mengikuti di dua kategori tersebut,\" ujar Lurah Kesenden Ruliyanto kepada radarcirebon.com.

Ruliyanto menuturkan, pihaknya telah menyiapkan dua RW yang akan diikutsertakan dalam lomba tersebut.

\"Kami mengusulkan dalam lomba ini yaitu RW 4 yang sudah memiliki bank sampah dan RW 5 yang belum memiliki bank sampah. Nanti kita cek dari sisi ke administrasian dan lainnya,\" tuturnya.

Menurut Ruli, RW di wilayah Kelurahan Kesenden yang sudah memiliki bank sampah baru sekitar 50 persen.

\"Meski sifatnya baru mandiri, namun kami akan melakukan pendampingan secara administrasi lebih maksimal serta akan berkolaborasi dengan koperasi sehngga menjadi berkembang dan lebih bermanfaat lagi,\" ujarnya.

2

Ruliyanto menyebutkan, pihaknya masih menunggu juklak juknis lomba tersebut dari tim LH dan akan dikoordinasikan dengan para RW.

\"Untuk pelaksanaannya kami menunggu juklak juknis dari tim LH dan akan dikoordinasikan dengan para RW. Mudah-mudahan kami bisa mencapai juara maksimal, tapi bukan itu yang kita kejar,\" sebutnya.

\"Tetapi bagaimana caranya kita menjaga dan memaksimalkan kebersihan lingkungan RW masing-masing. Ini hanya sebagai pemicu saja bukan semata-mata kita mengejar juara. Tetapi bagaimana caranya agar kita memotivasi warga menciptakan lingkungan bersih di rumahnya masing-masing, kalau semua sudah bersih kan tentu bermanfaat bagi kita semua,\" imbuh Ruli.

Masih kata Ruliyanto, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait lba kebersihan RW tingkat Kota Cirebon tersebut.

\"Kami akan memulai tahapan sosialisasi dengan semua elemen kelurahan seperti karang taruna, PKK, Posyandu dan lain sebagainya. Saya juga berharap walaupun yang diusulkan tidak semua RW tetapi karena ini membawa nama Kelurahan kesenden, tentu semua elemen harus mendukung dan mensuport RW yang diusulkan sehingga hasilnya akan lebih maksimal,\" pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait