Minyak Melesat Dekati USD75 Per Barel, Stok AS Turun

Kamis 17-06-2021,19:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

HARGA minyak menguat untuk sesi kelima berturut-turut, Rabu, hingga mendekati level USD75 per barel karena pengilangan Amerika menarik lebih banyak persediaan minyak mentah untuk meningkatkan aktivitas dan memenuhi permintaan yang pulih.

Stok minyak mentah Amerika turun 7,4 juta barel dalam sepekan hingga 11 Juni, ketika pemanfaatan penyulingan naik menjadi 92,6 persen, level tertinggi sejak Januari 2020, sebelum pandemi melanda.

Penarikan persediaan lebih kuat dari ekspektasi, peningkatan juga oleh ekspor sebagai peningkatan permintaan di seluruh dunia.

Minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, naik 40 sen, atau 0,5 persen, menjadi USD74,39 per barel, mencapai level tertinggi sejak April 2019, dan mencatat kenaikan lima hari berturut-turut, demikian dikutip dari laporan Reuters, di New York , Rabu (16/6) atau Kamis (17/6) pagi WIB.

Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate, bertambah 3 sen menjadi USD72,15 per barel, setelah menyentuh USD72,99 per barel, tingkat tertinggi sejak Oktober 2018.

“Dengan pengilangan mengolah lebih dari 16 juta barel per hari dan ekspor terus meningkat, akan sulit mempersiapkan untuk menghindari penarikan yang konsisten saat kita menerapkan ke puncak musim panas,” kata Matthew Smith, Direktur ClipperData.

Brent melonjak 44 persen tahun ini, didukung pengurangan pasokan yang dipimpin Organisasi Negara Eksportir Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC Plus, dan pemulihan permintaan. OPEC ditambah, tetapi mengurangi pasokan tahun lalu, masih menahan jutaan pasokan harian dari pasar.

2

Sejumlah eksekutif dari trader minyak terbesar, Selasa, mengatakan bahwa mereka memperkirakan harga akan tetap di atas USD70 dan permintaan untuk kembali ke tingkat pra-pandemi pada semester kedua 2022.

Rabu, Federal Reserve juga mengajukan proyeksi untuk kenaikan suku bunga pasca-pandemi pertama pada 2023.

“Kompleks minyak mencerna berita The Fed dengan cukup baik menunjukkan bahwa harga minyak mentah lebih tinggi kemungkinan ada di depan,” kata Jim Ritterbusch, Presiden Ritterbusch and Associates di Galena, Illinois.

Pada saat bersamaan, prospek kenaikan ekspor minyak Iran kurang mungkin, kata analis. Pembicaraan tidak langsung antara Teheran dan Washington tentang melanjutkan perjanjian nuklir 2015 di Wina, Sabtu. ( fin )

Tags :
Kategori :

Terkait