Desanya Ditenggelamkan, Ini Penampakan Rumah Pengganti untuk Warga Kawungsari

Sabtu 19-06-2021,12:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

KUNINGAN - Kementerian PUPR telah merampungkan 419 unit rumah relokasi untuk warga Desa Kawungsari, yang pemukimannya ditenggelamkan untuk Bendungan Kuningan.

Direktorat Jenderal Perumahan tengah menyelesaikan pembangunan 419 unit rumah khusus bagi masyarakat terdampak relokasi yang sebelumnya bermukim di area genangan pembangunan Bendungan Kuningan di Jawa Barat.

Konstruksi bendungan ini sudah selesai, saat ini sedang dilakukan pembersihan lahan yang akan digenangi (impounding).

“Rumah khusus adalah program Kementerian PUPR yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan khusus, seperti pemukiman kembali korban bencana/pengungsi, guru, tenaga medis dan petugas di daerah perbatasan dan pulau terpencil, termasuk pemukiman kembali masyarakat terdampak program pemerintah,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, seperti dilansir dari laman Kemen-PUPR.

Direktur Jenderal Perumahan Khalawi Abdul Hamid rumah khusus yang dibangun di Desa Sukarapih, Kecamatan Cibereum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah dalam proses pekerjaan akhir (finishing) dan penyelesaian Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU).

Khalawi memastikan rumah khusus untuk merelokasi masyarakat yang terdampak pembangunan Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dapat digunakan untuk segera dihuni dalam waktu dekat sejalan dengan Bendungan Kuningan yang akan diresmikan dan dialiri air.

Dalam hal penyediaan air bersih, Khalawi mengatakan, Kementerian PUPR juga mengerahkan bantuan dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dalam melakukan pengukuran Geo Listrik untuk menentukan sumber air pendamping PDAM yang dapat digunakan sebagai upaya percepatan penyelesaian rumah khusus ini. (yud)

2

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait