Ditemukan Bangunan Mirip Candi di Situs Batu Bersusun Sindangwangi

Selasa 22-06-2021,12:38 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

RAKCER - Situs Batu bersusun yang mirip dengan candi, ditemukan terkubur di lereng Gunung Jati, Desa Lengkong Wetan, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.

Temuan susunan batu tersebut diidentikan dengan bangunan candi, karena strukturnya juga bentuk batu yang seragam.

Tidak hanya itu, ditemukan pula sebuah goa yang terlihat seperti pintu masuk. Namun, hingga saat ini belum ada yang berani masuk ke celah tersebut.

Posisi batu bersusun sendiri, sulit dijangkau karena berada di lereng tebing dengan kemiringan cukup ekstrem.

Selain itu, batu bersusun juga nampak ditutupi semak belukar. Meski demikian, pintu tersebut dapat dilihat dengan kasat mata meski dari kejauhan.

Ketua BPD Desa Lengkong Kulon, Soepardi SPdI yang mendampingi rombongan mengatakan, kemungkinan batu bersusun itu dulunya sebuah bangunan, tepatnya sebuah candi.

\"Tapi itu masih berupa kemungkinan, karena ini masih harus diteliti lagi. Mungkin perlu penelitian oleh arkeolog,\" tuturnya, seperti dilansir Rakyat Cirebon.

2

Penemuan pintu masuk candi sendiri, merupakan penemuan kali pertama. Sebab sebelumnya bangunan itu tidak terdeteksi oleh siapapun, termasuk warga yang memiliki kebun di sekitar lokasi.

“Ini menjadi penemuan pertama. Sebab sebelumnya kami dan masyarakat di sini tidak melihat bangunan mirip pintu gerbang atau pintu masuk candi,” ucapnya.

Dia menjelaskan, menurut cerita memang lokasi itu erat kaitannya dengan sejarah babad tanah Cirebon, khususnya dengan sejarah Plered. Konon menurut cerita yang beredar, kata dia, salah satu putri dari pembesar Plered sempat berlari dan bermukim di sekitar Gunung Jati tersebut.

“Kalau dari cerita masyarakat yang berkembang di sini, memang Gunung Jati ini erat kaitannya dengan cerita Ki Gedeng Plered dari Cirebon,” pungkasnya. (pai)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait