Hari Ini 5 Dokter di Kota Cirebon Terinfeksi Covid-19, Kadinkes: Kalau Begini Terus, Kolaps

Jumat 25-06-2021,11:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Lima dokter puskesmas di Kota Cirebon terinfeksi covid 19, hari ini Jumat (25/6/2021). Di tengah tingginya infeksi virus corona, kondisi ini dikhawatirkan bakal terjadi kolaps.

\"Hari ini lima dokter positif covid di puskesmas beserta keluarganya. Dua dokter rumah sakit juga kena. Kalau begini terus, bisa kolaps,\" ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr Edy Sugiarto MKes, kepada radarcirebon.com.

Ditegaskan dia, ibarat hulu dan hilir, ini menjadi penanda bahwa prokes jebol di hulu. Sehingga pasien covid-19 membanjir di hilir alias rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Karenanya, dia meminta masyarakat untuk membantu dengan disilpin menggunakan masker dan protokol kesehtan. \"Nggak ada jalan lagi, semua harus pakai masker,\" tutur Edy.

Diungkapkan dia, lonjakan pasien covid 19 membuat antrean terjadi di IGD sejumlah rumah sakit. Besok, dua tenda darurat bakal didirikan di Hotel Onos.

\"Sekarang statusnya kalau saya pribadi mengerikan. Keterisian rumah sakit penuh semua,\" tuturnya.

Diungkapkan dia, dari hasil tracing kontak erat positivity rate Kota Cirebon sekarang ini sudah 54 persen. Artinya, 1 dari 2 orang yang menjadi kontak erat dari pasien covid-19, ikut tertular.

2

\"Ini yang bahaya banget. Jawa Barat 50,5 persen, kita 56 persen. Ini ngeri,\" tandas dia.

Terkait dengan keterisian rumah sakit, walikota Cirebon sudah menyiapkan velbed di RSDGJ 15. Dan di Hotel Onos akan disiapkan 2 tenda dengan masing-masing berisi 15.

\"Jadi Hotel Onos ini nanti akan bertambah kapasitasnya menjadi 120,\" tuturnya.

Sedangkan untuk tenaga medis, nantinya akan ada penambahan sekitar 30 dari Provinsi Jawa Barat. Namun relawan ini masih dalam proses rekrutmen.

Kandinkes menambahkan, sekarang ini status rumah sakit di Kota Cirebon berstatus siaga 1. Sebab, antrean di UGD sudah belasan. Dan di RS Sumber Kasih juga RS Putera Bahagia, kini sudah 20-an antrean UGD.

\"Jadi kita sudah nambah bed, tapi terisi juga,\" tuturnya. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait