Mengejutkan, Ceko Menang 2-0, Belanda Tersingkir dari Euro 2020

Senin 28-06-2021,01:08 WIB
Reporter : Abdul Hamid
Editor : Abdul Hamid

BUDAPEST – Puskas Arena, jadi saksi ketidakberuntungan Belanda di Euro 2020. Melawan Republik Ceko, Senin (28/6) dini hari WIB, Belanda menyerah 0-2 pada babak 16 besar.

Negeri Kincir Angin sebenarnya memulai pertandingan dengan penguasaan bola cukup bagus. Sayang, penyelesaian akhir anak asuh Frank de Boer tersebut kurang maksimal. Justru Ceko yang berhasil mencuri kelengahan Belanda ketika asyik menyerang di babak kedua.

Petaka itu datang ketika Matthijs de Ligt dinyatakan wasit memungut bola saat terjatuh. Awalnya, wasit Sergey Karasev dari Rusia mengeluarkan kartu kuning. Namun setelah berbincang dengan VAR, De Ligt terekam dengan sengaja menyentuh bola. Sebagai orang terakhir dan berpotensi gol bagi Ceko, wasit mengeluarkan kartu merah untuk pemain Juventus tersebut pada menit 55.

Melihat rekannya berkurang, permainan Belanda amburadul. Ceko menekan dan berhasil mencetak gol di menit 66. Dia adalah Tomas Holes, sukses menjebol gawang Belanda.

Di menit 80, Belanda kembali bobol. Kali ini giliran Patrik Schick yang menggandakan keunggulan Ceko. Hingga laga usai, skor 2-0 bertahan untuk kemenangan Ceko. Hasil ini membuat Belanda tersingkir di 16 besar. Sedangkan Ceko melaju ke perempat final. Mereka akan melawan Denmark, yang sebelumnya mengalahkan Wales. (mid)

Tags :
Kategori :

Terkait