Kapal Kargo MV Hilma Bulker Sandar di Cilacap, Diduga Penyebab Awal Covid Varian Delta Masuk Indonesia

Senin 28-06-2021,08:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CILACAP - Kapal Kargo MV Hilma Bulker diduga menjadi penyebab awal virus corona varian delta dari India masuk Indonesia. Sebab, beberapa ABK angkutan tersebut positif Covid 19.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) memastikan 13 ABK Kapal MV Hilma Bulker terkonfirmasi positif Covid-19.

Mereka terinfeksi varian virus asal India B.1617.2. Hasil pemeriksaan whole genome sequence itu, sudah disampaikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam Rilis di Pendopo Wijaya Kusuma Cakti, Sabtu (22/5/2021).

Disebutkan bahwa merekan yang terinfeksi adalahb13 ABK Filipina. Direktur Utama RSUD Cilacap, dr Moch Ichlas Riyanto menyebutkan, terdapat 179 nakes yang diperiksa karena kontak erat dengan ABK tersebut.

Hasilnya, 32 diantaranya terkonfirmasi karena melakukan kontak langsung dengan ke 13 ABK.

Kapal berbendera Panama yang diketahui bernama MV Hilma Bulker serta diawaki 20 warga negara Filipina itu membawa muatan berupa gula rafinasi dari India.

Kapal kargo tersebut mengangkut gula berangkat dari India pada 14 April dan tiba di Pelabuhan Cilacap, Jawa Tengah, pada 25 April.

2

Penegasan terkait penyebab awal virus corona mutasi India masuk Indonesia juga disampaikan Dian K Nurputra yang merupakan peneliti dan penemu Genose.

Dian menyatakan peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia lantaran lolosnya varian baru corona yang \"dibawa\" awak kapal tersebut masuk Cilacap pada 25 April lalu. Kapal milik Filipina itu masuk mengangkut gula dari India. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait