Kabupaten Cirebon Mulai Vaksinasi Masal

Senin 28-06-2021,10:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PEMKAB Cirebon melalui Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Polresta Cirebon menggelar vaksinasi masal serentak, Sabtu (26/6). Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di 53 fasyankes di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon Drs H Imron MAg dan Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau pelaksanaan vaksinasi di tiga lokasi. Antara lain di Puskesmas Plumbon, PT Indowoyang, dan Mapolsek Weru.

Menurut Imron, secara keseluruhan pelaksanaan vaksinasi masal berjalan baik dan kondusif. Bahkan, Imron merasa bersyukur melihat masyarakat Kabupaten Cirebon yang cukup antusias mendatangi tempat vaksinasi. “Alhamdulillah masyarakat Kabupaten Cirebon cukup antusias dengan program  ini. Hal ini terbukti masyarakat yang datang melebihi target yang ditetapkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, masyarakat yang datang ke setiap fasyankes jumlahnya bahkan lebih dari 300 orang. Padahal, pihaknya menargetkan kehadiran masyarakat di setiap fasyankes 230 orang. Sehingga, target 12 ribu dosis vaksin dalam satu hari pelaksanaan vaksinasi kemarin, bisa terlampaui.

“Kita juga berterima kasih kepada Kapolresta Cirebon yang sudah bersama-sama mengadakan kegiatan ini demi kesehatan masyarakat Kabupaten Cirebon. Target hari ini (kemarin, red) adalah 12 ribu, tapi nyatanya sudah lebih dari 12 ribu,” papar Imron.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman SIK MH mengatakan vaksinasi masal yang digelar kemarin merupakan program Presiden Joko Widodo dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75. Menurutnya, Presiden menginstruksikan seluruh stakeholder untuk bahu-membahu menyukseskan program tersebut.

“Dalam rangka Hari Bhayangkara ini ditetapkan tanggal 26 Juni untuk melaksanakan 1 juta vaksinasi di seluruh Indonesia. Dari 1 juta tersebut, Provinsi Jabar sebanyak 178 ribu (dosis, red) dan Kabupaten Cirebon 12 ribu. Vaksinasi masal ini melibatkan seluruh stakeholder dan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon. Mulai dari TNI, Polri, pemda, tenaga kesehatan, dan lainnya,\" kata Arif Budiman.

2

Dijelaskan kapolresta, vaksinasi masal di Kabupaten Cirebon dilaksanakan di 53 titik fasyankes. Terdiri dari 51 puskesmas dan dua titik sentralisasi, yakni Mapolsek Weru, dan PT Indowoyang. Mulanya, jumlah sasaran vaksinasi yang menjadi target di setiap titik hanya 230 orang. Namun kenyataanya, kata dia, saat melakukan monitoring pihaknya mendapati jumlah rata-rata disetiap fasyankes sudah berada di atas target, yakni lebih dari 300 orang.

Kendati demikian, ia memastikan ketersediaan vaksin dalam vaksinasi masal tersebut aman meskipun capaian terealisasi melebihi target. “Ini tahap awal. Artinya apabila kegiatan ini dianggap berhasil maka ke depan akan dilakukan kegiatan sinergitas seperti ini dengan target 1 juta setiap hari hingga seterusnya sampai tercapai herd immunity,” pungkasnya. (dri/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait