Fadjroel Dubes RI, Siapa Jubir Baru Istana?

Senin 28-06-2021,20:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

NAMA Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman bakal termasuk dalam kandidat calon duta besar (dubes) RI. Belum diketahui, siapa jubir baru istana. Ketua DPP PDIP, Djarot Syaiful Hidayat, mengusulkan agar tugas jubir diserahkan kepada Mensesneg Pratikno atau Menseskab Pramono Anung.

“Selamat untuk Pak Fadjroel, semoga amanah dan sukses dalam mengemban penugasan yang baru. Ke depan, sebaiknya jubir presiden bisa diserahkan kepada menseskab atau mensesneg. Sehingga tidak ada tumpang tindih dalam menyampaikan informasi terkait kebijakan presiden,” kata Djarot, kepada wartawan, Minggu (27/6).

Dia mengatakan penunjukan Mensesneg sebagai jubir sudah terjadi di pemerintahan sebelumnya. Djarot lantas menyebut seperti pemerintahan era Soekarno dan Soeharto.

“Berkaca pengalaman di masa sebelumnya Bung Karno menunjuk Pak Ruslan Abdulgani dengan sebutan Jubir Usman yang diberikan tugas khusus untuk menyampaikan kebijakan BK tentang Manipol Usdek,” jelasnya.

Pada masa Soeharto Pak Moediono Mensesneg ditunjuk sebagai jubir presiden untuk menyampaikan informasi terkait dengan kebijakan dan hasil rapat kabinet.

Seperti diketahui, dalam daftar 33 calon duta besar Republik Indonesia (RI), tercantum nama Fadjroel Rachman. Jabatan yang kini masih dijabat oleh Fadjroel adalah juru bicara Presiden Joko Widodo. Masih ada tanda tanya soal posisi jubir presiden jika Fadjroel duta besar RI. (fin)

Tags :
Kategori :

Terkait