Ibu Rumah Tangga Juara Lomba Mendongeng, Lurah Kesenden: Membanggakan

Rabu 30-06-2021,20:32 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

CIREBON - Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon kembali menoreh prestasi. Kali ini meraih juara pertama lomba dongeng ibu dan anak tingkat Cirebon yang digelar PKK Kota Cirebon.

Endang Susyati, ibu rumah tangga yang berhasil mewakili Kelurahan Kesenden menjadi juara pertama dalam lomba dongeng tersebut.

Endang berhasil mengalahkan 35 peserta lainya dari seluruh kelurahan di Kota Cirebon.

Ditemui radarcirebon.com di kantor Kelurahan Kesenden, Endang menuturkan, tema dongeng yang disampaikan pada sat lomba yankni tentang beruang yang malas.

\"Dongengnya tentang cerita beruang yang malas. Ini sengaja saya bawakan untuk menyampaikan pesan kepada anak- anak agar selalu hidup bersih dan menjaga kebersihan lingkungan tidak buang sampah sembarangan,\" tuturnya, Rabu (30/6).

Endang mengaku tidak percaya dirinya bisa meraih juara pertama lomba dongen tersebut lantaran hanya berlatih satu hari jelang perlombaan.

\"Persiapan untuk mengikuti lomba mendongeng ini saya hanya satu hari saja dari waktu pelaksanaan lomba. Persiapannya juga seadanya karena waktu yang sangat mepet. Saya saat lomba menggunakan media yang ada di rumah, gambar juga ngeprint sendiri di rumah. Alhamdulilah, baru pertama ikut lomba langsung juara,\" ujarnya.

2

Masih di tempat yang sama, Lurah Kesenden Ruliyanto menilai apa yang diraih oleh Endang merupakan salah satu hal yang membanggakan dan membawa nama baik kelurahan.

\"Kami memiliki potensi untuk bisa bersaing dalam berbagai aspek yang positif. Kelurahan Kesenden seringkali menyampaikan kepada masyarakat untuk menumbuhkan jiwa kompetitif di semua bidang. Alhamdulilah ini prestasi yang membanggakan. Saya sudah sampaikan ke masyarakat agar terus berkompetisi dalam hal yang positif,\" kata mantan ajudan wali kota Cirebon ini.

Rully berharap bisa membawa Endang untuk berprestasi di tingkat provinsi.

\"Tentunya kami akan membina dan memoles agar lebih maksimal untuk ikut lomba tingkat provinsi. Ini juga nanti kami akan koordinasikan dengan pihak kecamatan dan PKK Kota Cirebon sehingga nanti akan membawa nama baik Kota Cirebon,\" harapnya.

Sementara itu, Ikhwan Jums selaku ketua dewan juri lomba dongeng tersebut mengatakan, 35 peserta mengikuti lomba dongen tersebut.

\"Para peserta antusias mengikuti lomba. Hasilnya luar biasa. Sebagian besar memang sudah memahami teknik mendongeng. Ini program dari provinsi, yang saya tahu dari ibu gubernur agar orang tua mendongeng kepada anaknya. Mendongeng bisa menumbuhkan karakter anak,\" kata pria yang akrab disapa Kak Jums ini.

Kak Jums berharap mendongeng bisa memberikan pembelajaran secara tidak langsung kepada anak-anak. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait