Program Dapur Ngebul, Inovasi Lurah Kesenden Kota Cirebon

Kamis 08-07-2021,22:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

CIREBON – Membantu perekonomian para pelaku UMKM tetap berjalan di masa pemberlakuan PPKM Darurat di Kota Cirebon, Lurah Kesenden menggagas inovasi baru.

Inovasi tersebut bernama \"Dapur Ngebul\". Program Dapur Ngebul ini merupakan solusi alternatif bagi pelaku usaha atau UMKM yang terimbas pembatasan jam operasional PPKM Darurat agar tetap bisa berjualan.

\"Program Dapur Ngebul ini merupakan inovasi Lurah Kesenden dalam rangka mempromosikan dan menginformasikan produk pelaku usaha serta membangun rasa gotong royong bagi warga dan pelaku usaha, sehingga mobilitas selama PPKM Darurat efektif serta ekonomi tetap berjalan,\" ungkap Lurah Kelurahan Kesenden Ruliyanto kepada radarcirebon.com, Kamis (8/7).

Ruli menuturkan, program Dapur Ngebul ini diharapkan bisa menjadi motor penggerak bagi kelurahan lainnya di Kota Cirebon sebagai solusi alternatif bagi pelaku usaha non esensial agar perekonomiannya terus berjalan.

\"Semoga dengan adanya program Dapur Ngebul ini dapat membantu saudara-saudara kita para pelaku usaha non esensial untuk tetap berjualan. Tercatat sebanyak 208 pelaku usaha yang terdaftar di Kelurahan Kesenden. Dalam program Dapur Ngebul ini kami juga melibatkan Karang Taruna Kelurahan Kesenden,\" tuturnya.

Sementara itu, Fitri Andriani salah satu penjual karedok di Kelurahan Kesenden mengaku sangat terbantu dengan adanya program Dapur Ngebul yang digagas Kelurahan Kesenden.

\"Alhamdulillah, usaha jualan saya masih bisa berjalan dengan adanya Dapur Ngebul ini. Caranya juga sangat mudah, karena dagangan saya dikirim langsung ke pembeli diantar oleh karang taruna yang menjadi petugas delivery,\" ucapnya.

2

Terpisah, Sutan Aji Nugraha, Pengamat Kebijakan Publik Kota Cirebon menyebutkan, dirinya sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan Lurah Kesenden tersebut.

\"Sebenarnya program Dapur Ngebul bukan sesuatu hal yg luar biasa, karena ini merupakan program kerja dari visi SEHATI pasangan Azis Eti (PASTI) yang belum terealisasi oleh Pemkot Cirebon. Dan Alhamdulillah, program ini akhirnya direalisasikan Kelurahan Kesenden,\" sebutnya.

Program Dapur Ngebul yang dilakukan oleh Lurah Kesenden merupakan jawaban masyarakat Kota Cirebon.

\"Bagaimana jika namanya berbeda? Tentunya berbeda pula. Semoga kelurahan lain dapat mengadopsi langkah Kelurahan Kesenden ini demi rakyat karena keselamatan rakyat adalah nilai tertinggi dari politik,\"pungkasnya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait