Penderita Penyakit Kronis Terdampak Efek Lonjakan COVID-19

Minggu 11-07-2021,07:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

TINGGINYA angka kematian belakangan ini, tidak hanya terjadi pada mereka yang terkena COVID-19.  Mereka dengan kondisi seperti penyakit jantung, kanker dan sejenisnya, adalah mereka yang terdampak keras efek dari COVID.

Ketakutan orang untuk mengunjungi RS, menurut Dr. Rishi K.Wadhera yang berbasis di Boston, TEXAS, AS, lantaran takut terpapar corona adalah salah satu alasannya. 

Meningkatnya angka pasien COVID-19 adalah yang bertanggungjawab atas jumlah kematian ini. 

Mereka yang harusnya menjalani prosedur operasi untuk jantungnya, atau mereka yang harusnya rutin melakukan screening akan potensi kankernya, terimbas kondisi yang sulit ini. 

Kurangnya tenaga spesialis di bidang ini, lantaran harus ikut terjun mengatasi pasien COVID-mempersulit kondisi yang ada. 

Inti dari artikel ini pada dasarnya untuk meningkatkan kesadaran pembaca, akan potensi mortalitas yang disebabkan oleh ketakutan kita akan pandemi ini, salah satunya adalah dengan tidak menghindari konsultasi dokter jantung atau prosedur tertentu pasien kanker. 

Karena di sisi lain, yang namanya kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker, tidaklah berhenti hanya karena COVID merajalela. Demikian seperti dilansir Healthline,(fin)

Tags :
Kategori :

Terkait