Gianluigi Donnarumma Pemain Terbaik EURO 2020, Ini Catatan Impresifnya

Senin 12-07-2021,13:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

LONDON - Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai pemain terbaik Euro 2020. Kiper Timnas Italia itu jadi pahlawan di laga final versus Inggris usai menepis tendangan penalti Bukayo Saka.

Berkat aksinya itu, Italia keluar sebagai juara setelah berhasil menang dengan skor 3-2 dalam adu tendangan penalti. Gianluigi Donnarumma sangat tangguh di bawah mistar gawang Italia.

Meski gawangnya bobol oleh Luke Shaw di menit ke-3, kiper berusia 22 tahun ini menunjukan kelasnya dengan tampil apik di babak adu penalti.

Pada final ini, mantan pemain AC Milan tersebut mencatatkan rekor sebagai kiper ketiga termuda yang tampil di final turnamen besar.

Donnarumma masih berusia 22 tahun, 136 hari, hanya kalah dari Jose Angel Iribar (Spanyol) pada 1964 silam dan Juan Batasso (Argentina) di era 1930.

Sepanjang Euro 2020, gawang Donnarumma hanya kebobolan empat kali dari 719 menit yang dijalani bersama skuad Gli Azzurri. Ia juga mengemas tiga kali clean sheet sepanjang turnamen.

Terpilihnya Donnarumma merupakan kali kedua pemain dengan posisi penjaga gawang menjadi pemain terbaik.

2

Sebelumnya pada 1992 saat Denmark menjadi juara Euro, pemain terbaik jatuh kepada kiper mereka Peter Schmeichel.

Kemenangan Italia dari Inggris diraih lewat drama adu penalti. Leonardo Bonucci dan kolega berhasil menang dengan skor 3-2 usai penendang terakhir Inggris Bukayo Saka gagal menunaikan tugasnya.

Di waktu normal Italia vs Inggris bermain imbang 1-1. Gol cepat dari Luke Shaw di menit ke-2 mampu disamakan oleh Leonardo Bonucci di menit ke-67. (uefa/mcr16/jpnn)

Baca juga:

Faisal Basri Kritik Vaksin Berbayar, Hotman Paris Malah Bersyukur

Buruh Bangunan asal Watubelah Curi Ratusan Bungkus Rokok di Alfamart Ciperna

Jalan Pemuda Ditutup dari Arah By Pass, di Krucuk Ada Pemeriksaan Kartu Vaksin dan Surat Bebas Covid-19

Tags :
Kategori :

Terkait