Ini Buah Asli Indonesia yang Terancam Punah

Selasa 20-07-2021,08:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MENDENGAR kata ‘punah’ pasti yang langsung ada di benak kalian yakni berkaitan dengan hewan. Tentunya punah juga bisa berkaitan dengan berbagai hal. Dan salah satunya yakni buah. Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan banyak sekali buah-buahan.

Tapi apa kalian tahu tentang buah asli Indonesia yang hampir punah? Nah berikut daftarnya.

1. Manggis putih

Sesuai namanya, manggis yang satu ini memiliki kulit dan daging berwarna putih, berbeda dengan manggis yang sering kita jumpai yang memiliki warna merah keunguan.

Rasanya lebih manis dan dagingnya lebih renyah karena kandungan airnya sangat sedikit.

Karena keunikannya itu, manggis putih jauh lebih mahal dibandingkan manggis biasa. Manggis putih banyak ditemukan di daerah Lombok dan Nusa Tenggara Barat.

2. Buah lobi-lobi

2

Pernah dengar buah lobi-lobi? Pasti belum yah, apalagi sampai mencicipinya. Ya wajar saja kalau belum karena buah yang satu ini tergolong langka.

Rasa buah lobi-lobi cenderung asam dan sedikit manis. Biasanya buah ini coock dijadikan rujak, asinan atau bisa juga diolah jadi manisan.

3. Buah kelubi

Buah kelubi sekilas diperhatikan mirip buah salak, hanya saja ini tidak memiliki duri kecil. Kelubi memiliki rasa asam yang menyegarkan.

Umumnya buah ini bisa ditemukan di Sumatera, terutama di Bangka dan Jambi. Buah ini bisa diolah jadi manisan dan juga jadi campuran sambal terasi.

4. Buah manau

Buah ini juga mirip dengan kelubi hanya saja warnanya berbeda. Manau dihasilkan dari pohon rotan yang tumbuh di daerah Bangka, Belitung dan Kalimantan.

Buah ini cenderung memiliki rasa pahit dan tidak ada rasa manis sedikitpun.

Tags :
Kategori :

Terkait