Beredar Video Hoax Ratusan Massa di Kota Cirebon Turun ke Jalan Melawan PPKM, Jangan Ikut Nyebar!

Rabu 21-07-2021,12:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON – Sebuah video dengan judul: Masyarakat Cirebon Turun ke Jalan melawan PPKM beredar di Youtube. Dari hasil cross check, dipastikan unggahan itu hoax.

Unggahan itu, muncul di sebuah akun Youtube. Dan sekitar pukul 09.00 WIB masih bisa diakses. Bahkan sudah mendapatkan banyak tanggapan di kolom komentar.

Banyak yang percaya dengan unggahan itu. Namun, sekitar satu jam kemudian, video tersebut sudah tidak bisa diakses dengan keterangan: Video ini telah dihapus oleh uploader.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Maruf Nuryasa menyayangkan beredarnya video hoax tersebut. “Tidak ada kejadian itu. Itu dipastikan hoax, karena video lama,” ujar Maruf, kepada radarcirebon.com, Rabu (21/7/2021).

Dia menyayangkan masih beredarnya video seperti itu. Sebab, dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. “Mohon untuk bijak dalam menyebarkan konten di media sosial,” tandasnya.

Dari video yang terlihat, nampak itu merupakan rekaman video lama aksi unjuk rasa mahasiswa pada tahun 2020, ketika kelompok massa melintas di Jalan dr Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon.

Adapun rencana demo yang dilakukan mahasiswa dan PKL terhadap kebijakan PPKM Darurat, juga dibatalkan dan diganti dengan audiensi bersama walikota.

2

Sebelumnya, pelaku penyebar hoax “Video Pedagang Pasar Jagasatru Ricuh Akibat PPKM” telah ditangkap oleh pihak kepolisian.

Tersangka berinisial IS tersebut, kini mendekam di tahanan Polres Cirebon Kota. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait