Penyebar Video Hoax Pasar Jagasatru Rusuh Ternyata Karyawan BUMN Ternama

Rabu 21-07-2021,21:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - IS (31) pelaku pembuat dan penyebar video hoax Pasar Jagasatru rusuh akibat PPKM, ternyata berstatus karyawan BUMN.

Pria kelahiran Bandung, 7, Maret 1990 itu, tinggal di Jl Ksatria, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Diketahui, selain karyawan BUMN ternama, yang bersangkutan ingin menjadi Youtuber.

Video dengan judul Pasar Jagasatru Ricuh Akibat PPKM dibuat dengan durasi 51 detik. Padahal, video itu merupakan kerusuhan pedagang di Belawan, Sumatera Utara.

Oleh IS, video itu diunggah ke Youtube dan diganti keterangannya. Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota, AKP I Putu Hasti Hermawan SIK MH MSi mengungkapkan, motif dari pelaku adalah menambah subscriber kun Youtube miliknya.

\"Jadi sebelum ini, pelaku membuat video hoax Pos Penyekatan Krucuk Jebol. Dari video itu, jumlah subscriber pelaku naik. Kemudian terpikir untuk membuat video lain,\" tuturnya.

Pemilik akun Youtube Setia Music Project tersebut kedapatan menyebar hoax, karena dua video unggahannya tidak sesuai dengan fakta sesungguhnya.

Tersangka mengedit video dengan judul Pasar Jagasatru Ricuh Akibat PPKM menggunakan Hp Samsung A50.

2

Setelah diedit, video tersebut diunggah di akun Facebook dan Youtube milik tersangka. Motivasinya karena ingin meningkatkan subsrice dan viewer di Channel Youtube miliknya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 14 ayat (1) UU RI Nomor 1 tahun 1946 dengan ancaman hukuman setinggi-tingginya 10 tahun penjara. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait