Digempur Vaksinasi Dosis Kedua

Selasa 27-07-2021,13:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon bersama dengan jajaran Forkopimda berserta TNI-Polri akan kembali menggelar kegiatan vaksinasi masal untuk pemberian dosis kedua kepada masyarakat yang telah melaksanakan kegiatan vaksinasi masal pada bulan Juni yang lalu. Kegiatan vaksinasi masal ini bertempat di Gudang Rudal, Bataliyon Arhanduse 14/PWY sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon dr Edy Sugiarto MKes mengonfirmasi terkait pelaksanaan vaksinasi masal dosis kedua. Edy menjelaskan bahwa vaksinasi akan diberikan mulai hari ini (27/7) hingga 1 Agustus 2021. Pelaksanaan vaksinasi tersebut merupakan upaya dari Pemkot Cirebon untuk mempercepat timbulnya herd immunity di masyarakat Kota Cirebon.

“Besok (hari ini) kita akan gempur dengan memberikan vaksinasi lagi di Arhanudse. Kita berikan kepada 13.800  sasaran sesuai jadwal yang sudah disediakan. Karena memang tidak ada cara lain, hanya mempercepat pemberian vaksinasi. Kita masih kurang 100 ribu lagi,”  ungkap Edy saat ditemui di Balaikota Cirebon, Kemarin (26/7).

Dalam kesempatan tersebut, Edy juga menjelaskan bahwa hingga saat ini Kota Cirebon masih menduduki posisi kedua dengan proses vaksinasi tercepat di bawah Kota Bandung. Hal tersebut dikarenakan Kota Cirebon sudah mendekati 40% dari total sasaran. Diharapkan untuk Provinsi Jawa Barat bisa mencapai kekebalan herd immunity 70% pada Maret 2020.

“Mudah-mudahan akhir tahun ini Kota Cirebon sudah mencapai 70 persen. Keinginan saya itu. Saya juga ingin Kota Cirebon masuk ke 3 besar di Jawa Barat lagi. Mudah-mudahan bisa tercapai. Karena itu salah satu untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19 dan angka kematian,”  terang Edy.

Berdasarkan informasi yang diterima Radar Cirebon dari Pemda Kota Cirebon, terjadi perubahan jadwal vaksinasi dosis kedua yang semulanya akan dimulai pada tanggal 23 Juli 2021. Misal saja untuk jadwal vaksinasi tahap kedua tanggal 23 Juli akan dipindah ke 27 Juli 2021. Begitupula seterusnya untuk masyarakat Kota Cirebon yang mendapatkan jadwal setelah 23 Juli.

Sementara itu, jajaran Pemkot Cirebon juga mengingatkan kepada para peserta vaksinasi dosis kedua di Arhanudse 14/PWY agar bisa datang tepat waktu sesuai jam yang tertera pada kartu vaksinasi dan jam yang tertera pada laman Instagram @pemdakotacrb. Sehingga, tak terjadi penumpukan yang cukup signifikan dan juga bisa mencegah penularan Covid-19.

2

“Kita sudah siapkan antisipasi terkiat dengan potensi kerumunan, baik pengaturan jadwal, penyiapan tempat vaksin dan tempat tunggu maupun observasi. Nanti kendaraan juga diarahkan semua masuk ke Arhanduse dan tidak ada lagi yang parker di pinggir jalan. Mudah-mudahan berjalan lancar,” ujar Kabag Prokopim Setda Kota Cirebon, Mastara.

“Kami mengimbau kepada masyarkat yang akan menerima vaksinasis dosis ke dua agar bisa tetap menjaga protokol kesehatan, tidak berkerumun, dan datang sesuai jadwal yang ditentukan. Kita sudah siapkan semua, jadi tidak usah takut tidak kebagian,” tutup Mastara. (jerrell)

Tags :
Kategori :

Terkait