DLH Kota Cirebon Apresiasi Upaya Warga dalam Penanganan Masalah Sampah

Jumat 30-07-2021,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

DINAS Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon mengapresiasi upaya upaya yang dilakukan oleh warga dalam penanganan masalah sampah di lingkunganya. Penanganan sampah yang efektif dari tingkat rumah tangga diharapkan akan mengurangi jumlah volume sampah harian yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopiluhur.

Dalam Lomba RW Bersih yang digelar oleh DLH Kota Cirebon, ada beragam upaya yang dilakukan oleh warga untuk mengatasai masalah sampah. Geliat kepedulian terhadap lingkungan juga semakin tumbuh di tengah masyarakat.

Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Surip mengatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi segala usaha warga dalam penanganan sampah. Meskipun di situasi pandemi seperti saat ini, warga tetap memperhatikan permasalahan yang juga tak kalah penting itu.

“Kami mengapresiasi upaya warga dalam penanganan sampah di lingkunganya. Tetapi lebih dari sekedar lomba, kami berharap ini bisa dilakukan secara konsisten oleh warga,” ungkapnya.

Melalui Lomba RW Bersih itu, DLH Kota Cirebon juga terus berupaya menularkan semangat kepada masyarakat terkait pentingnya keberadaan Bank Sampah. Pasalnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopiluhur yang berada di Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti, diperkirakan hanya mampu menampung sampah hingga 3 tahun kedepan. Untuk itu, keberadaan Bank Sampah diharapkan akan dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA Kopiluhur secara siginifikan.

Sementara itu, dalam rangkaian Lomba RW Bersih, Tim juri DLH Kota Cirebon menyambangi Kelurahan Pekiringan Kecamatan Kesambi. Tim juri menilai RW 03 Langensari yang menjadi perwakilan Kelurahan Pekiringan untuk kategori RW Bersih dengan Bank Sampah. Sementara RW 06 Suradinaya Barat, menjadi perwakilan untuk kategori RW Bersih tanpa Bank Sampah.

Ketua RW 03 Langensari Surata mengaku semakin termotivasi untuk mengajak masyarakat supaya lebih peduli lagi dengan permasalahn lingkungan. “Alhamdulillah, dari DLH Kota Cirebon juga sudah memberikan banyak bantuan dan bimbingan kepada kami. Mudah mudahan ke depan akan semakin banyak yang peduli,” ucapnya. (awr)

Tags :
Kategori :

Terkait