Hari Ini Nasib PPKM Level 4 Diputuskan, Ini Hasil Ratas Menkes Barusan

Senin 02-08-2021,12:09 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Keputusan terkait PPKM level 3 dan 4 akan diumumkan hari ini. Pagi ini, Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengikuti rapat terbatas (ratas).

Menkes mengungkapkan, skenario terburuk di Indonesia adalah 70 ribu kasus per hari. Namun ternyata puncak terjadi di 57 ribu kasus positif covid-19 per hari.

Kendati demikian, kondisi di luar Jawa justru masih meningkat. \"Kita masih melihat beberapa daerah masih belum turun dan ada kenaikan, terutama untuk daerah luar Jawa. Tapi berdasarkan pengalaman di Jawa, kita akan segera replikasikan ke luar Jawa,\" kata Menkes dalam jumpa pers virtual, yang diikuti radarcirebon.com, Senin (2/8/2021).

Menkes Budi mengungkapkan jurus-jurus penanganan di Jawa yang akan direplikasi ke luar Jawa. Cara-cara tersebut meliputi peningkatan testing COVID, peningkatan tempat isolasi terpusat agar tidak menularkan ke keluarga hingga menyiapkan kamar-kamar COVID di rumah sakit.

\"Kita pastikan dibentuk satgas oksigen seperti yang ada di Jawa sehingga teman-teman di provinsi di luar Jawa juga lebih siap mengidentifikasi kalau ada rumah sakit kekurangan oksigen dan penyalurannya seperti apa,\" kata Menkes Budi.

\"Kita persiapkan juga obat-obatannya. Untuk teman-teman ketahui, kita obat-obatan tuh sekarang kan kemarin naiknya cepat sekali, sampai 12 kali lipat sehingga kita membutuhkan waktu untuk persiapan bahan baku dan proses produksinya sekarang lebih siap,\" ujar Menkes.

Budi berharap jurus penanganan Covid di Jawa bisa menangani kenaikan kasus di luar Jawa.

2

Terkait PPKM diperpanjang atau tidak, menkes mengungkapkan, nanti akan ada sesi khusus yang disampaikan presiden atau presiden menugaskan menko untuk menyampaikan.

\"Kita sudah bahas, tapi nanti ada sesi khusus. Bisa oleh bapak presiden, atau oleh pak menko yang akan menyampaikan keputusan beliau,\" tandasnya. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait