Pesawat Kepresidenan Ganti Warna, Alvin Lie: Hari Gini Masih Foya-foya

Selasa 03-08-2021,11:02 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia (RI) ganti warna. Dalam unggahan Alvin Lie di Twitter, nampak cat berubah menjadi merah putih.

Foto unggahan pengamat penerbangan tersebut, memperlihatkan pesawat kepresidenan kini menggunakan dua warna dengan proporsi merah dan putih hampir sama.

Bagian atas merah dengan lengkungan hingga ke tengah, sementara bagian bawah putih. Warna merah juga terlihat di bagian sayap pesawat.

Lantas berapa sebenarnya biaya ganti cat pesawat tersebut? Alvin Lie mengungkapkan, untuk jenis pesawat setara Boeing 737-800 menghabiskan sekitar USD100-150 ribu. Atau dalam rupiah sekitar Rp1,4 sampai dengan Rp2,1 miliar.

Dia juga mengkritik pergantian warna pesawat tesebut, yang dilakukan di tengah kondisi saat ini. \"Hari gini masih aja foya-foya ubah warna pswt Kepresidenan,\" tulis Alvin.

Seperti diketahui, pesawat kepresindenan RI tadinya menggunakan warna kombimnasi biru dan putih dengan variasi merah putih di sepanjang lekukan bagian tengah body.

Kemudian terdapat bendera merah putih di ekor pesawat. Sebelum memiliki pesawat kepresidenan khusus tersendiri, presiden dan wakil presiden menyewa pesawat komersial biasa milik maskapai penerbangan atau menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara.

2

Proses pembuatan dan modifikasi pesawat dengan seri Boeing 737-800, ini dimulai pada tahun 2011.

Pesawat ini dibuat dari varian Boeing Business Jet 2 yang merupakan salah satu varian pesawat buatan Boeing. Setelah selesai dibuat pada tahun 2014, kali pertama tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada tanggal 10 April 2014. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait