Pemulihan Ekonomi Harus Dijaga, Pengendalian Pandemi Terus Diperkuat

Jumat 06-08-2021,03:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Kemudian konsumsi rumah tangga pada Triwulan II mampu tumbuh 5,93 persen (yoy). Aktivitas konsumsi masyarakat pada periode ini juga lebih tinggi dibanding triwulan sebelumnya atau tumbuh 1,27 persen (qtq). Tingkat keyakinan masyarakat yang terus pulih serta momentum bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri menjadi faktor utama pemulihan aktivitas konsumsi rumah tangga. 

Selain itu, base effect atas pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang terdampak cukup dalam pada Triwulan II-2020 juga berperan penting dalam tingkat pertumbuhan komponen ini pada Triwulan II-2021.

Peran APBN sebagai stimulus perekomian di masa pemulihan efektif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Triwulan II. Hingga Semester I-2021, realisasi belanja negara telah mencapai Rp1.170,1 triliun atau meningkat 9,38 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Program PEN, termasuk program vaksinasi gratis, terus diakselerasi dalam menjaga momentum pengendalian pandemi dan pemulihan ekonomi. Hal ini tercermin dalam pertumbuhan konsumsi pemerintah yang mencapai 8,06 persen (yoy) di Triwulan II.

Kinerja perdagangan internasional Indonesia juga melonjak tajam, di mana ekspor dan impor mampu tumbuh masing-masing 31,78 persen dan 31,22 persen (yoy). Perbaikan performa ekspor didukung oleh tren peningkatan permintaan dari negara mitra dagang utama atas produk ekspor nasional, seperti produk pertanian, pertambangan, maupun manufaktur seperti alas kaki, pakaian, dan kendaraan bermotor.

Sementara itu, pertumbuhan impor yang tinggi menunjukkan adanya geliat aktivitas produksi dalam negeri.  Hal ini tercermin dari pertumbuhan impor bahan baku serta barang modal yang secara nominal tumbuh masing-masing sebesar 57,8 persen dan 29,1 persen pada Triwulan II-2021.

Kinerja Ekonomi Sisi Produksi

Seluruh sektor produksi mampu melanjutkan akselerasi pemulihan kuat dengan tumbuh positif pada Triwulan II 2021. Sektor industri pengolahan yang memberikan kontribusi sebesar 20 persen terhadap PDB nasional mampu berperan sebagai mesin pertumbuhan dengan tumbuh 6,58 persen (yoy). Kinerja ini sejalan dengan tren PMI Manufaktur Indonesia yang selalu dalam zona ekspansi (>50) di sepanjang Triwulan II, bahkan mencatatkan rekor tertinggi secara berturut-turut pada April (54,6) dan Mei 2021 (55,3).

2

Sektor perdagangan juga mencatat pertumbuhan tinggi sebesar 9,44 persen (yoy), terutama ditopang oleh pemulihan perdagangan global yang tercermin dari kinerja pertumbuhan tinggi ekspor dan impor nasional. Peran pemerintah dalam memberikan stimulan dan insentif terhadap dunia usaha, khususnya UMKM, turut mendorong perbaikan kinerja sektor ini.  

“Ke depan, pemerintah akan tetap fokus pada langkah-langkah antisipatif dan responsif dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19, terutama dengan mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi dan memperkuat 3T (testing, tracing, treatment). Sinergi kebijakan baik fiskal, sektor keuangan dan moneter juga terus diperkuat untuk mewaspadai dampak negatif yang mungkin terjadi dari eskalasi kasus Covid-19 yang disebabkan oleh munculnya varian baru di berbagai belahan dunia,” tutup Febrio. (git/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait