DLH Tuntaskan Penilaian RW Bersih

Senin 09-08-2021,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon telah menuntaskan rangkaian penilaian langsung Lomba RW Bersih Tingkat Kota Cirebon tahun 2021, jumat (6/8) lalu. Adalah kelurahan Kasepuhan, yang menjadi kelurahan terakhir yang disambangi oleh Tim juri DLH Kota Cirebon.

DALAM Lomba RW Bersih, Kelurahan Kasepuhan mendelegasikan RW 09 Kesunean Selatan untuk kategori RW Bersih dengan Program Kampung Iklim (Proklim). Sementara RW 06 Gambirlaya menjadi perwakilan untuk Kategori RW Bersih tanpa Bank Sampah.

DLH Kota Cirebon pun mengapresiasi setiap upaya yang dilakukan oleh warga dalam penanganan masalah sampah di lingkunganya. Penanganan sampah yang efektif dari tingkat rumah tangga diharapkan akan mengurangi jumlah volume sampah harian yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopiluhur.

Kepala DLH Kota Cirebon, Kadini SSos mengatakan, pihaknya mengapresiasi segala usaha warga dalam penanganan sampah. Meskipun di situasi pandemi seperti saat ini, warga tetap memperhatikan permasalahan yang juga tak kalah penting itu.

“Kami mengapresiasi upaya warga dalam penanganan sampah di lingkunganya. Tetapi lebih dari sekedar lomba, kami berharap ini bisa dilakukan secara konsisten oleh warga,” ungkapnya.

Melalui Lomba RW Bersih itu, lanjut Kadini, DLH Kota Cirebon juga terus berupaya menularkan semangat kepada masyarakat terkait pentingnya keberadaan Bank Sampah. Pasalnya, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopiluhur yang berada di Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti, diperkirakan hanya mampu menampung sampah hingga 3 tahun kedepan. Untuk itu, keberadaan Bank Sampah diharapkan akan dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA Kopiluhur secara siginifikan.

Jika tidak ada halangan, DLH Kota Cirebon sendiri rencananya akan mengumumkan dan menyerahkan hadiah juara Lomba RW Bersih Tingkat Kota Cirebon pada pekan ini. Tepatnya bertepatan dengan perayaan Hari Jadi Kota Cirebon, 1 Muharam 1443 Hijriah, atau Selasa besok. (awr)

Tags :
Kategori :

Terkait