Hari Ini PPKM Diputuskan, Kota Cirebon Masuk Zona Merah Lagi, Bertahan di Level 4?

Senin 16-08-2021,08:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Kota Cirebon adalah satu-satunya daerah dengan PPKM Level 4 di wilayah Ciayumajakuning. Di tengah keputusan PPKM diperpanjang atau tidak, apakah kota wali bisa turun ke level 3, atau level berapa?

Merujuk grafik kasus covid-19, Kota Cirebon memang menunjukkan perbaikan dalam penurunan kasus. Minggu (15/8/2021) penambahan kasus baru hanya 41. Dengan pasien sembuh sebanyak 128 dan 5 orang meninggal dunia.

Dalam Talk Show Warkop Waw Radar Cirebon, Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi mengungkapkan, secara umum memang telah terjadi perbaikan signifikan.

Bahkan penurunan kasus aktif sudah sangat jauh dibandingkan puncaknya pada 20 Juli 2021. Sayangnya, meski sempat berada di zona oranye namun, secara angka infeksi Kota Cirebon terlalu dekat ke zona merah.

\"Kita memang di zona oranye. Tapi angkanya ini tipis sekali. Geser sedikit saja ke zona merah,\" kata sekda, dalah talk show yang ditayangkan Minggu malam di RCTV (15/8/2021).

Dari perkembangan terbaru dan melansir data Pikobar, Kota Cirebon justru kembali masuk ke zona merah.

Evaluasi terhadap penerapan PPKM ini memang ada di pemerintah pusat. Penurunan leveling ini, mengacu pada standar WHO. Yang mempertimbangkan beberapa faktor seperti keterisian rumah sakit, penambahan kasus baru pertama 100 ribu penduduk. Hingga angka kematian.

2

Dengan jumlah penduduk Kota Cirebon yang hanya 300 ribuan, angka pembaginya memang tidak terlalu besar. Karenanya, secara matematis cukup sulit mengharapkan untuk keluar segera dari level 4.

Meski begitu, pemerintah kota telah mengambil sejumlah langkah pelonggaran. Seperti dibukanya kembali mall, izin tempat ibadah untuk berjamaah dengan pembatasan kapasitas, hingga mengakhiri pendekatan.

Bahkan mengganti kebijakan penutupan jalan dengan ganjil genap yang berlaku mulai hari ini, Senin (16/8/2021).

Seperti diketahui, hari ini merupakan terakhir masa berlaku PPKM di Jawa Bali. Keputusan pemerintah hampir pasti akan dibacakan malam nanti. Apakah PPKM diperpanjang dengan pelonggaran, atau disudahi dan diganti dengan kebijakan lain? (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait