Keterbatasan Tak Halangi Putri Aulia Untuk Cetak Prestasi

Selasa 17-08-2021,00:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

JAKARTA – Mata adalah organ tubuh yang sangat vital fungsinya, yakni untuk melihat, baik jauh maupun dekat. Namun, di dunia ini ada sejumlah orang yang memiliki kondisi khusus, yakni berpenglihatan terbatas (low vision).

Penyandang low vision memiliki jarak pandang yang sangat terbatas, termasuk Putri Aulia, sosok asal Sei Rotan, sebuah desa di Deli Serdang, Sumatera Utara. Jarak pandang maksimalnya hanya sampai lima meter.

Siapa sangka, Aulia, sapaan akrab dara kelahiran 23 Juli 1994 itu adalah seorang atlet yang telah meraup banyak medali cabang para-atletik, baik skala nasional maupun internasional.

Dikutip dari Antara, sulung dari tiga bersaudara itu memiliki disabilitas visual sedari kecil yang menyebabkan jarak pandang indra penglihatannya terbatas.

Baca juga: Karisma Evi Tiarani Siap Sumbangkan Medali di Paralimpiade Tokyo 2020

Namun, kondisi tersebut tidak menjadi alasan Aulia untuk menyerah, terbukti dari capaian prestasi yang diraihnya, baik di bidang akademik maupun olahraga.

Di bidang akademik, perempuan 27 tahun itu berhasil menyelesaikan studi program sarjananya di Universitas Negeri Medan.

2

Aulia baru berkecimpung di dunia atletik tahun 2016. Seorang pelatih yang mencari bibit-bibit atlet difabel menemukan Aulia saat masih berstatus mahasiswa semester akhir di Unimed.

Karier olahraga Aulia ternyata langsung melejit setelah berhasil menembus pemusatan latihan daerah Sumut yang disiapkan untuk Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2016 di Bandung, Jawa Barat.

Di Peparnas 2016, Aulia berhasil meraih empat medali emas sekaligus di ajang yang pertama kali diikutinya itu.

Empat medali itu, yakni nomor lari 100 meter, lari 200 meter, lompat jauh, dan lari estafet 4×100 meter.

Prestasi gemilang itu membuatnya dilirik oleh Komite Paralimpiade Nasional (NPC) yang mengantarkan Aulia bertanding di ASEAN Para Games 2017 di Malaysia.

Tak tanggung-tanggung, Aulia kembali membuktikan ketangguhan kakinya di ajang ASEAN Para Games 2017 dengan meraup tiga medali emas.

Baca juga: Efek Medali Emas Olimpiade, Greysia/Apriyani Diganjar Bonus Lagi

Dari tiga nomor yang diikutinya, atlet berparas manis itu menyapu bersih tiga medali emas.

Tags :
Kategori :

Terkait