Momentum Tangguh Hadapi Semua Persoalan

Rabu 18-08-2021,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 secara sederhana di Kantor Setda, Selasa (17/8). Dalam upacara tersebut, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg menjadi inspektur upacara.

Tampak hadir, Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi bersama unsur Forkopimda, para veteran kemerdekaan dan para undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Imron mengatakan, melalui momentum HUT Kemerdekaan RI tahun ini, diharapkan bisa mewujudkan Indonesia tangguh dalam menghadapi semua persoalan, terutama pada pandemi Covid-19.

\"Peringatan tahun sekarang sama seperti tahun lalu dilakukan secara sederhana sesuai prokes. Sebab, pandemi Covid-19 masih ada. Akan tetapi perayaan ini tidak mengurangi rasa khidmat sesuai pesan-pesan dari patriot pendahulu kita yang merebut kemerdekaan,\" jelasnya.

Imron mengungkapan, kemerdekaan merupakan rahmat dan anugrah yang tak ternilai dari Allah SWT yang telah diperjuangkan oleh para pejuang dengan linangan air mata, keringat dan darah. Bahkan dengan mengorbankan jiwa raga.

\"Kemerdekaan ini merupakan titik awal bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan semua harapan berbangsa dan bernegara yang tertuang dalam UUD 1945,\" paparnya.

Imron mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Cirebon, untuk mengikuti vaksinasi yang sudah diadakan oleh Pemkab Cirebon untuk mencegah penyebaran Covid-19. \"Kami menargetkan 70 persen warga Kabupaten Cirebon sudah divaksin untuk mencapai kekebalan tubuh. Tujuannya adalah untuk melindungi 30 persen kelompok yang tidak boleh divaksin seperti orang mempunyai penyakit bawan dan anak dibawah 12 tahun,\" bebernya.

2

Selain itu, Imron mengajak semua komponen masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan di masa pandemi ini agar Kabupaten Cirebon bisa terbebas dari Covid-19. \"Mari bersama-sama mewujudkan masyarakat yang sejahtera sesuai amanat kemerdekaan. Juga agar terselenggaranya kesinambungan sendi-sendi perekonomian, khususnya di Kabupaten Cirebon,\" ungkapnya.

Dalam rangkaian HUT RI, Imron juga menghadiri upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cakrabuana, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (17/8) pukul 00.00. Renungan suci di TMP Cakrabuana itu dihadiri sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cirebon.

Renungan suci itu ditandai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan. Dalam upacara tersebut, naskah kehormatan dan renungan suci dibacakan langsung inspektur upacara Letkol Inf Sugir yang juga menjabat Komandan Kodim (Dandim) 0620 Kabupaten Cirebon.

Dandim 0620 Kabupaten Cirebon menyebutkan, upacara ini dilakukan untuk memperingati jasa para pahlawan. Menurutnya, pahlawan mengorbankan segalanya demi demi kebahagiaan bangsa. Generasi penerus saat ini, kata Dandim 0620 Kabupaten Cirebon akan memperjuangkan apa yang sudah didapatkan oleh para pejuang terdahulu.

\"Kami berdoa agar semua arwah pahlawan bisa terima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan diberikan tempat yang sewajarnya,\" ungkapnya.

Pada Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Selasa (17/8), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Cirebon, Kabupaten Cirebon, memberikan remisi atau pengurangan masa hukuman kepada 425 narapidana (napi). Menurut Kepala Lapas (Lapas) Narkotika Kelas IIA Cirebon Nur Bambang Supri Handono, mereka yang mendapatkan remisi sudah memenuhi syarat dan aturan yang berlaku.

\"Seperti berkelakuan baik, sudah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan, dan menjalani sepertiga masa pidana, total ada 425 orang yang bebas langsung ada 48 orang,\" katanya.

Diungkapkannya, dari 425 narapida tersebut, sebanyak 156 mendapatkan remisi 5 bulan, 106 remisi 4 bulan, 62 remisi 3 bulan, 51 remisi 6 bulan, 49 remisi 2 bulan, dan 1 remisi 1 bulan. \"Pertimbangan pemberian remisi mengacu kepada aturan yang ada. Dan ada yang langsung bebas juga sebanyak 48 orang,\" tuturnya.

Tags :
Kategori :

Terkait