PLN UIP JBT Beri Bantuan Mobil Siaga

Kamis 19-08-2021,12:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- PLN memberikan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat di sekitar proyek. Terutama di masa pandemi covid-19, PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) dan Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Tengah 3 (UPP JBT 3) memberikan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berupa 1 (satu) unit Mobil Siaga untuk Desa Pancalang, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan.

Tidak hanya mobil siaga, bantuan dengan nilai total sebesar Rp100 juta ini juga direalisasikan berupa peralatan kesehatan pelengkap seperti tandu, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan tabung oksigen serta pelatihan situasi tanggap darurat untuk aparat dan masyarakat desa.

General Manager PLN UIP JBT Octavianus Duha menyampaikan bahwa penyerahan bantuan Mobil Siaga ini merupakan peran nyata PLN dalam hal mendukung layanan kesehatan terhadap masyarakat Desa Pancalang sehingga dapat meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan desa yang lebih baik.

“Bantuan TJSL ini merupakan salah satu wujud perhatian kami kepada masyarakat yang berada di sekitar proyek GITET Mandirancan. Kami berharap dengan bantuan mobil siaga, kualitas pelayanan kesehatan masyarakat desa pancalang dapat semakin meningkat, khususnya di waktu darurat dan di tengah masa pandemi Covid-19,” ungkap Octavianus.

okasi Desa Pancalang terletak cukup jauh dari perkotaan dan kurang terjangkau oleh angkutan umum. Sehingga di beberapa waktu darurat seperti malam hari atau kondisi kritis, warga desa sangat membutuhkan adanya moda transportasi untuk mobilitas ke rumah sakit maupun puskesmas terdekat.

Selain sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat desa, bantuan Mobil Siaga juga dimanfaatkan sebagai moda transportasi untuk penanganan cepat bagi masyarakat desa yang terkena virus Covid-19.

“Terimakasih banyak atas bantuan Mobil Siaga yang diberikan oLN. Mobil ini akan sangat berguna bagi masyarakat kami. Dalam kondisi darurat tertentu, termasuk jika rumah sakit terdekat kehabisan ambulans, kami akan memanfaatkan mobil ini untuk mengantar warga yang sakit atau terkena Covid-19 ke rumah sakit sehingga dapat segera ditangani dengan baik,” ujar Ir Wahyudin, Kepala Desa Pancalang.

2

Bantuan fasilitas tanggap darurat di Desa Pancalang merupakan salah satu program TJSL PLN UIP JBT yang selaras dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDG’s) nomor 13, yaitu tujuan Penanganan dan Perubahan Iklim. PLN berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di sekitar proyek. (via/rls/opl)

Tags :
Kategori :

Terkait