Konsep Harus Utamakan Kearifan Lokal

Selasa 24-08-2021,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON-Seniman Cirebon menyayangkan rencana revitalisasi Taman Pataraksa Kabupaten Cirebon yang tidak melibatkan seniman dalam proses desain dan konsep revitalisasi yang rencananya akan mulai dilakukan tahun ini.

Kekecewaan itu disampaikan salah satu seniman Cirebon, H Sulama saat ditemui Radar, kemarin. Menurutnya, konsep taman dan alun-alun harus memuat unsur lokal atau mengutamakan kearifan lokal Cirebon.

“Kita tidak pernah diajak bicara soal rencana konsep revitalisasi Taman Pataraksa. Kita tentu ingin nanti taman ini punya ciri khas dengan tema kearifan lokal,” ujarnya.

Sulama berharap, seniman Cirebon diajak bicara terkait rencana revitalisasi tersebut baik untuk penentuan desain, tema maupun hal lainnya sehingga nantinya keberadaan taman tersebut bisa menjadi kebanggan warga Kabupaten Cirebon tanpa menghilangkan khas atau ciri Cirebonnya.

\"Kecewa tentu ada karena kita tidak dilibatkan. Harapan kita seniman bisa diajak duduk bersama untuk membahas konsep revitalisasi nya,” imbuh pria yang juga sebagai Ketua FK Metra Kabupaten Cirebon tersebut.

Sementara itu, Wabup Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi menjelaskan rencana revitalisasi Taman Petaraksa menggunakan anggaran dari Pemprov Jabar.

Namun demikian, ia akan meminta agar proses revitalisasi dan penentuan konsep taman dapat mengangkat dan menguatkan unsure lokal sehingga bisa menjadi kebanggan warga Kabupaten Cirebon.

2

“Proyeknya dari Bandung ya, harapan kita ada peran serta seniman dalam penentuan tema dan konsepnya, para seniman inikan lebih memahami dalam hal sejarah, seni dan budaya, nanti kita lihat seperti apa konsepnya,” ungkapnya. (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait