Kota Cirebon Uji Coba Jalur Sepeda, Ruas Jalan Ini Jadi Percontohan

Senin 13-09-2021,23:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON - Ada yang berbeda disepanjang ruas Jalan Kartini, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Sepanjang jalan tersebut terdapat garis berwarna hijau di pinggir jalan baik sebelah kanan maupun kiri.

Ternyata garis hijau tersebut diperuntukkan jalur khusus sepeda. Dinas Perhubungan Kota Cirebon mulai uji coba pemberlakuan jalur khusus sepeda tersebut. Jalur khusus sepeda dibuat dengan lebar 1 meter.

Kepala Dishub Kota Cirebon, Andi Armawan menjelaskan, gagasan jalur sepeda muncul setelah banyak masyarakat yang hobi bersepeda datang ke Kota Cirebon.

\"Mereka berkeliling kota dengan melintasi Jalan Kartini, Jalan Siliwangi, Jalan Wahidin dan Jalan Cipto Mangunkusumo. Jadi, jalur khusus sepeda ini disediakan bertujuan agar pengguna sepeda bisa lebih tertib, aman dan rapi,” jelasnya, Senin (13/9). 

Andi menyebutkan, untuk tahap awal pihaknya memilih Jalan Siliwangi sebagai percobaan. “Untuk sementara di Jalan Siliwangi dulu. Tapi, tidak menutup kemungkinan nantinya di semua ruas jalan,” sebutnya.

Selanjutnya, lanjut dia, jika nanti dinilai efektif, jalur khusus sepeda bisa saja disediakan disemua ruas jalan. ”Terutama, yang memiliki akses menuju tempat kuliner maupun wisata,” lanjutnya.

Sebelum difungsikan sebagai jalur khusus sepeda, Andi menuturkan, pihaknya akan menyosialisasikan terlebih dahulu kepada juru parkir di ruas jalan setempat. Agar mereka memahami fungsi dari keberadaan jalur khusus sepeda.

2

“Nanti sosialisasi dulu, baru bisa digunakan. Selain itu, kami akan lengkapi rambu-rambu khusus jalur sepeda. InsyaAllah secepatnya bisa diuji coba,” tuturnya.

Andi berharap, jalur khusus sepeda bisa memberikan kenyamanan bagi penggunanya. \"Di samping mengurangi persinggungan lalu lintas antara sepeda dengan kendaraan bermotor. Sehingga antara keduanya bisa saling menghormati satu sama lain,” pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait