Jalur Sepeda Kota Cirebon Dipakai Parkir, Terus Lewatnya Gimana?

Kamis 16-09-2021,12:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Jalur khusus sepeda yang sudah mulai dibuat di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, ternyata belum sepenuhnya dipahami pengguna jalan maupun parkir.

Meski sudah tertera gambar sepeda dan haris hijau, tetap saja ruas jalan tersebut dipakai parkir. Baik oleh sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

Dari pantauan radarcirebon.com, Kamis (16/9/2021) di depan Balaikota Cirebon, nampak tidak ada kendaraan yang parkir di badan jalan dan menutupi garis hijau penanda jalur khusus sepeda.

Namun, di dekat Alun-alun Kejaksan, jalur khusus tersebut justru ditempati kendaraan baik mobil dan motor. Sehingga pesepeda yang lewat tentunya harus beralih.

Seperti diberitakan sebelumnya, rencana jalur sepeda ini merupakan inisiasi dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon. Tujuannya agar lebih tertib dan rapih.

Kepala Dishub Kota Cirebon, Andi Armawan menjelaskan, gagasan jalur sepeda muncul setelah banyak masyarakat yang hobi bersepeda datang ke Kota Cirebon.

“Mereka berkeliling kota dengan melintasi Jalan Kartini, Jalan Siliwangi, Jalan Wahidin dan Jalan Cipto Mangunkusumo. Jadi, jalur khusus sepeda ini disediakan bertujuan agar pengguna sepeda bisa lebih tertib, aman dan rapi,” jelasnya, Senin (13/9/2021).

2

Andi menyebutkan, untuk tahap awal pihaknya memilih Jalan Siliwangi sebagai percobaan. “Untuk sementara di Jalan Siliwangi dulu. Tapi, tidak menutup kemungkinan nantinya di semua ruas jalan,” sebutnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait