Ke Cirebon, Wamendag Angkat Sepatu di Podium, Begini Katanya

Kamis 16-09-2021,15:35 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Dr  Jerry Sambuaga tiba-tiba mengangkat sepatu sebelah kanan di podium, saat menyampaikan sambutan, di sosialisasi hasil-hasil Perundingan Perdagangan Internasional Indonesia EFTA Comprensive Economic Partnership Agreement, Kamis (16/9/2021).

Saat itu ia menyampaikan bahwa para pelaku usaha Indonesia sangat butuh dukungan dari masyarakat. Agar mencintai produk dalam negeri yang secara kualitas tidak kalah berkualitas dengan brand luar negeri.

\"Cinta dan bangga dengan produk lokal saja tidak cukup, tapi harus dibeli, dikonsumsi barangnya. Pelaku usaha kita butuh dukungan nyata,\" katanya.

Dukungan terhadap produk lokal tersebut bisa dimulai dari hal paling kecil yakni dengan cara membeli dan mengonsumsi produk dalam negeri.

Hal tersebut bisa dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.

\"Baju yang saya pakai ini saya beli dari perajin, jam saya produk lokal dari kayu produksi di kampung saya di Sulawesi Utara. Celana saya produk lokal sampai dengan sepatu yang saya pakai,\" imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jerry menyebut sekitar 200 negara mengalami dampak dari terjadinya pandemi Covid-19.  

2

Namun kondisi positif justru ditunjukan iklim usaha dimana Indonesia berhasil mencatat neraca perdagangan yang surplus.

\"Ekspor kita lebih besar dari impor, itu faktanya,  itu data bukan perasaan, data dari BPS yang valid dan terpercaya,\"jelasnya.

Menurutnya, data terakhir akumulasi ekspor dari Januari sampai dengan Juli 2021 tercatat angka USD14,42 miliar. Angka tersebut merupakan rekor tettinggi sejak 2011.

\"Dua bulan setelah itu atau sampai dengan Agustus ada panambahan yang cukup signifikan. Ada penambahan 4,74 miliar USD,\" ungkapnya. (dri)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait