Wakil Ketua MPR-RI Usul: Sebaiknya Guru Honorer Diangkat Jadi PPPK Tanpa Tes

Rabu 22-09-2021,08:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengusulkan agar guru honorer yang berjumlah satu juta, diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tanpa harus ikuti tes.

Hal ini demi meyakinkan mereka dan memberikan kepastian setelah menjalankan profesi sebagai guru selama bertahun-tahun.

“Pengabdian mereka yang begitu panjang seharusnya diapresiasi dan diberi penghargaan dengan mengangkat mereka menjadi pegawai PPPK tanpa perlu tes,” ujarnya yang dikutip dari FIN,  Selasa (21/9)

Muzani mengatakan bahwa profesi guru adalah pengabdian atau panggilan jiwa, bukan pencari kerja karena itu meskipun dengan honor seadanya. Pada hakekatnya mereka menjalani profesi tersebut dengan ikhlas, bahkan mereka pun berani bertaruh dengan ditempatkan di daerah-daerah terpencil.

“Mengangkat mereka sebagai pegawai PPPK akan memberi kepastian bagi masa depannya agar pengabdian mereka dalam dunia pendidikan lebih pasti lagi. Sehingga dunia pendidikan kita kualitasnya akan lebih baik dan pada akhirnya akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM),” katanya.

Apalagi, lanjut dia, pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertekad meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan yang berkualitas.

Apalagi, kader Partai Gerindra ini mengungkapkan, pendemi Covid-19 yang melanda Indonesia dalam dua tahun terakhir membuat aktivitas belajar mengajar mengalami stagnasi.

2

“Kondisi ini menyebabkan pendidikan di Indonesia tidak bisa maksimal,” pungkasnya. (*)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait