Pemuda dan Olahraga Kota Cirebon Punya Potensi, Komisi III: Dispora Harus Bisa Maksimalkan

Rabu 22-09-2021,22:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON - Komisi III DPRD Kota Cirebon menggelar rapat kerja dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cirebon di ruang Griya Sawala, Rabu (22/9).

Dalam rapat kerja tersebut, Komisi III mendorong agar Dispora memaksimalkan potensi kepemudaan dan pembinaan atlet.

Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, dr Tresnawaty SpB mengatakan, Dispora memiliki kewenangan untuk mengembangkan lembaga kepemudaan dan olahraga, seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Pramuka, Badan Pembina Olahraga Pelajar Indonesia (Bapopsi) dan lainnya.

\"Potensi kepemudaan di Kota Cirebon harus bisa diidentifikasi. Badan atau lembaga-lembaga kepemudaan dan olahraga ini menjadi tangannya (Dispora, red),\" katanya.

Dokter Tresnawaty mendorong agar Dispora tetap optimistis bisa mencapai target program kerjanya di tengah situasi pandemi Covid-19. Sebab, lanjut dia, Dispora memiliki anggaran yang tak ideal.

\"Pagu anggaran Dispora tahun ini mencapai Rp12,8 miliar. Sedangkan tahun depan anggaran Dispora menurun menjadi Rp9,8 miliar,” ucapnya.

Diakui, anggaran yang ada ditahun depan memang menurun cukup banyak. Tentu, Komisi III akan membantu dinas agar tetap semangat untuk mengembangkan potensi pemuda dan pembinaan atlet. “Itu yang menjadi fokus kita,\" ujarnya.

2

Lebih lanjut, Tresnawaty menuturkan, Dispora harus bisa memanfaatkan fasilitas olahraga untuk meningkatkan prestasi atlet Kota Cirebon. Salah satunya kawasan Stadion Madya Bima Kota Cirebon.

\"Di kawasan Stadion Madya Bima itu ada juga kolam renang. Itu bisa dimanfaatkan untuk pemusatan latihan atlet. Dinas bisa kerja sama dengan cabor-cabor,\"tuturnya.

Sementara, Kepala Dispora Kota Cirebon Drs Sutikno AP  menjelaskan, bahwa Kota Cirebon memiliki fasilitas olahraga yang luar biasa. Namun, anggaran yang terbatas membuat dinas kesulitan dalam merawatnya.

\"Anggaran kolam renang Catherine Surya itu hanya cukup untuk tiga bulan. Akhirnya, kita kerja sama dengan yang lain,\" jelasnya.

Selain berupaya untuk merawat fasilitas olahraga dan pembinaan atlet, Sutikno mengaku, pihaknya memiliki program jangka pendek yakni menyulap kawasan Stadion Madya Kota Cirebon menjadi kompleks perkantoran dan pusat olahraga masyarakat.

Kemudian, dalam kesempatan itu, Sutikno melaporkan kepada Komisi III DPRD Kota Cirebon, di PON XXX Papua 2021, Kota Cirebon mengirimkan 17 atletnya untuk membela kontingen Jawa Barat. \"Sekarang atlet berada di Bandung untuk mengikuti pemusatan latihan,\" bebernya. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait