KJRI Jeddah: Biaya Umrah Diperkirakan Bakal Naik

Kamis 23-09-2021,02:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KONSUL Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali memastikan, bahwa hingga saat ini  Indonesia masih masuk dalam daftar negara yang masih ditangguhkan untuk mengirimkan jemaah umrah ke Saudi.

“Hal itu tak lepas dari Edaran General Authority Civilization Aviation Nomor 4/43917 pada tanggal 2 Februari 2021 lalu belum dicabut Saudi,” kata Endang, Rabu (22/9).

Menurut Endang, dengan belum dicabutnya kebijakan tersebut oleh pihak Saudi, besar kemungkinan bakal terjadi kenaikan biaya pada penyelenggaraan ibdah umrah nanti.

“Ini jadi poin penting, karena keniscayaan kenaikan harga harus diperhatikan. Karena kan transportasi harus 50 persen. kamar dari satu kamar isi 4 jadi isi 2,” terangnya.

Di sisi lain, kata Endang, kabar baiknya Saudi telah mengizinkan penggunaan dua vaksin Covid-19 produksi asal China, Sinovac dan Sinopharm bagi para calon jemaah umrah. 

“Namun, para jamaah wajib disuntik salah satu dari empat vaksin lainnya seperti Pfizer, Moderna, AstraZeneca dan Jhonson and Jhonson sebagai booster,” pungkasnya. (fin)

Tags :
Kategori :

Terkait