Nyi Rambut Kasih, Ratu Cantik yang Kerap Menampakan diri Pendopo Majalengka, Menghilang di Leuwilenggik

Minggu 03-10-2021,12:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

MAJALENGKA - Kisah Nyi Rambut Kasih memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Majalengka. Sang ratu, diyakini kerap menampakan diri di Pendopo Bupati.

Sejumlah warga mengaku pernah melihat penampakan sang ratu yang luar biasa cantik. Dan setiap menampakan diri, selalu menggunakan busana tradisional.

Ada dua tempat yang kerap menjadi lokasi Ratu Kerajaan Sindangkasih itu muncul. Pertama, di Pendopo Bupati Majalengka. Kedua di petilasan yang berada di Dusun Leuwilenggik.

Konon ceritanya, Kerajaan Sindang Kasih ini dikenal dengan pohon yang memiliki buah Maja. Dan bisa menyembuhkan segala macam penyakit.

Ketika moksa atau menghilang, Nyi Rambut Kasih juga disebut ngahiang bersama dengan pohon ini. Dan tempat sang ratu menghilang, kini menjadi petilasan di Leuwilenggik.

Kamar Nyi Rambut Kasih di Pendopo Bupati Majalengka. Foto: Ono Cahyono/Radar Majalengka

Ratu Nyai Rambut Kasih konon kabarnya masih keturunan Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran yang terkenal di tatar Sunda. Nyai Rambut Kasih masih bersaudara dengan Rarasantang, Kiansantang dan Walangsungsang.

Wilayah kerajaan yang dipimpin sang ratu mencakup Sindangkasih, Kulur, Kawunghilir, Cieurih, Cicenang, Cigasong, Babakanjawa, Munjul dan Cijati.

2

Terkait keberadaan Nyi Rambut Kasih, hingga kini masih dianggap sebagai cerita rakyat.

Kendati demikian ada dua tempat yang didedikasikan sebagai bentuk penghormatan yakni, kamar khusus di Pendopo Bupati Majalengka dan beberapa petilasan.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait