Selangkah Lagi Jadi Klub Sultan, Newcastle 10 Kali Lebih Kaya dari Man City dan PSG

Kamis 07-10-2021,12:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

NEWCASTLE – Proses akuisisi Newcastle United oleh konsorsium yang dipimpin Public Investment Fund (PIF) milik Kerajaan Arab Saudi, sudah menjadi sorotan.

Dikabarkan pada Rabu (6/10/2021), akuisisi Newcastle sudah semakin dekat terwujud. Itu setelah Arab Saudi menyelesaikan masalah pembajakan hak siar Bein Sports yang berbasis di Qatar.

Suporter The Magpies tentu akan sangat antusias menyambut rencana akuisisi Newcastle senilai 300 juta poundsterling atau sekitar Rp5,8 triliun (kurs 1 paun = Rp19.500) yang gagal pada musim panas 2020 lalu.

Akuisisi Newcastle oleh PIF Arab Saudi ini akan mengakhiri 14 tahun kepimpinan Mike Ashley, pemilik klub yang bermarkas di St James Park itu.

Baca juga:

Mengutip Pojoksatu.id dari Express, jika jadi dibeli PIF, yang dipimpin putra mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman, Newcastle United tidak hanya akan menjadi klub terkaya di Inggris, tapi di dunia.

Menurut The Athletic, akuisisi Newcastle diperkirakan akan segera dirampungkan setelah negara menyelesaikan perselisihan pembajakan selama setahun dengan beIN Sports.

2

Arab Saudi dan Qatar terlibat dalam perang siaran Liga Inggris setelah aliran regional beIN Sports dibajak.

Perusahaan duplikat milik Saudi, beOUTQ, telah mendistribusikan streaming di seluruh wilayah, yang membuat beIN Sports menghabiskan banyak uang.

Baca juga:

Duplikat ditutup pada 2019, tetapi Saudi terus memblokir beIN Sports, menyebabkan ketegangan antara kedua negara Timur Tengah.

Tetapi Arab Saudi sekarang telah mencabut pemblokiran itu dan menyelesaikan perselisihan hukum mereka. Artinya, mereka tidak akan lagi memerlukan arbitrase untuk melanjutkan proses akuisisi Newcastle.

Laporan Express menyebutkan bahwa PIF Saudi memiliki kekayaan bersih 320 miliar poundsterling atau sekitar Rp6 ribu triliun lebih.

Angka itu sekitar 10 kali lebih banyak dari kekayaan pemilik Man City, Sheikh Mansour dan 50 kali lebih banyak dari pemilik PSG, Nasser Al-Khelaifi. (fat/pojoksatu)

Tags :
Kategori :

Terkait