Komisi III DPRD Evaluasi Kinerja DPUPR

Selasa 12-10-2021,15:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

REALISASI serapan anggaran bidang pembangunan dan peningkatan jalan jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Cirebon masih 29 persen. Tapi, realisasi pembangunan fisiknya mencapai 51 persen. Karena itu, Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon mengevaluasi kinerja DPUPR.

“Evaluasi yang kami lakukan tentunya bagian dari kontrol kami terhadap mitra kerja,” ujar  Anggota Komisi III, Dr Hj Hanifah MA, kemarin.

Menurutnya, masih ada pekerjaan rumah  yang belum dituntaskan oleh DPUPR. Khususnya di bidang peningkatan jalan dan jembatan, karena terkendala oleh waktu. Meski demikian, hal itu tidak mengkhawatirkan kinerja DPUPR.

“Jadi belum tercapai 100 persen. Tapi bisa diatasi. Dan dipastikan tuntas. Insya Allah, hingga akhir Oktober ini, di bidang pembangunan dan peningkatan jalan jembatan bisa teralisasi sampai 88 persen. Sehingga, November Desembernya bisa menuntaskan 12 persen,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Pembangunan dan Peningkatan Jalan Jembatan Dinas PUPR, R Tommy Hendrawan ST mengaku, mengalami kendala terkait penyerapan anggaran.

Sebab, pada saat pengadaan barang dan jasanya telat. Masuk ke pertengahan tahun. “Sehingga jangka waktu pelaksanaannya agak akhir tahun anggaran,” ucapnya.

Adapun terkait kualitas jalan, Tommy mengaku, hingga saat ini, belum ada keluhan yang diterimanya. Tapi manakala ada, keluhan kerusakan jalan, selama masih dalam waktu pemeliharaan, menjadi tanggung jawab penyedia jasa.

2

“Kalau dalam batas waktu masa pemeliharaan, jelas itu masih tanggung jawab penyedia jasa. Waktunya 180 hari kalender. Kami juga akan lebih konsen lagi terhadap penyedia jasa,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kabid Pemeliharaan Jalan Jembatan Dinas PUPR, Jois Putra SE menjelaskan untuk total anggaran pemeliharaan di tahun 2021 mencapai Rp8,9 miliar. Anggatan itu merupakan anggaran pemeliharaan rutin jalan. Realisasinya sudah mencapai Rp8,6 Miliar.

“Pemeliharaan rutin, terbagi di 8 UPT. Sepanjang 268 KM, sebanyak 132 ruas jalan yang baru kita pelihara. Yang kita pelihara itu, kondisi jalan mantap baik dan sedang. Kondisi jalan keadaan mantap itu di Kabupaten Cirebon mencapai 1.000 KM,” pungkasnya. (sam/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait