Bersama Menjaga Persatuan Indonesia

Selasa 12-10-2021,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

INDONESIA terlahir dengan ragam suku banga dan agama. Keberagaman ini harus terjaga dalam bingkai persatuan. Hal ini disampaikan tokoh nasional yang juga Dewan Pertimbangan Presiden Joko Widodo, Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya. Keberagaman dan persatuan, terjaga dengan baik di Kota Cirebon.

Habib Luthfi bin Yahya menceritakan, runtuhnya kerajaan besar Nusantara karena tidak menjaga keberagaman dan persatuan. Untuk itu, Habib Luthfi berpesan agar seluruh elemen bangsa Indonesia, menjaga semangat kebangsaan dan kebhinekaan. “Jaga persatuan Indonesia,” tegasnya dalam Tausiah Kebangsaan dalam rangkaian HUT TNI Ke-76 di Balaikota Cirebon, Minggu malam (10/10).

Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH mengatakan, harmonisasi dalam pluralitas kehidupan masyarakat di Kota Cirebon terjaga dengan baik. Begitupula soliditas dan sinergitas antar penyelenggara pemerintahan. Hal ini selaras dengan cita-cita Indonesia menjadi bangsa yang bersatu di tengah keberagaman. “Abah Luthfi mengingatkan agar semangat kebangsaan dan kebhinekaan harus terus kita jaga bersama,” ucapnya.

Tausiah Kebangsaan dimulai dengan Kirab Merah Putih dari Balaikota menuju Gunung Jati pada Sabtu (9/10). Esok harinya, bendera merah putih dalam kotak kayu berukir itu, kembali menuju Balaikota. acara puncak pada Minggu malam (10/10), Habib Luthfi menyerahkan bendera merah putih kepada Walikota Nashrudin Azis dan segenap Forkopimda Kota Cirebon, untuk digunakan dalam peristiwa penting. Tausiah Kebangsaan ditutup dengan ceramah Habib Luthfi yang menekankan agar menjaga persatuan Indonesia. (ysf)

Tags :
Kategori :

Terkait