Hari Santri, Kelurahan Kesenden Ngantor dengan Busana Muslim

Jumat 22-10-2021,21:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Pemandangan berbeda terlihat di kantor Kelurahan Kesenden hari ini (22/10/2021).

Aparatur Sipil Negara (ASN) di kantor Kelurahan Kesenden \'ngantor\' dengan memakai sarung dan berbusana muslim.

Penggunaan sarung dan berbusana muslim oleh pegawai Kelurahan Kesenden, Kota Cirebon ini sebagai simbol memperingati Hari Santri Nasional 2021.

\"Momentum ini dijadikan pengingat bahwa ulama dan santri memiliki peran penting dalam kemerdekaan bangsa Indonesia,\" ujar Lurah Kesenden Ruliyanto kepada radarcirebon.com, Jumat (20/10/2021).

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan, peringatan Hari Santri tahun 2021 ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa dan Raga.

\"Tema ini artinya bahwa santri siap membela bangsa Indonesia dan membela keutuhan negara juga mewujudkan perdamaian dunia,\" katanya.

Peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini, Agus menyebutkan, kalangan pesantren kembali mendapatkan \'kado indah\' dari Presiden Joko Widodo berupa Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

2

\"Peraturan Presiden ini secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidikan pesantren. Terkait berapa persen pendanaannya, saya nanti lihat di Peraturan Pemerintah (PP) nya, mudah-mudahan nanti seberapa peran pemerintah melalui APBN, nanti juga pendanaan di APBD seperti apa kita lihat nanti di dalam PP nya,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait