Kota Cirebon Siap Ikut RSPA

Senin 25-10-2021,18:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON  - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, tak henti-hentinya membuat inovasi. Pasca membuat jalur sepeda, kini Dishub bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota (Ciko), Jasa Raharja, Satpol PP, Dinas PUPR, dan Dinas Kesehatan (Dinkes), memasang rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalur khusus sepeda, belum lama ini.

Pemasangan rambu-rambu tersebut dilakukan di sekitaran Jalan Siliwangi guna mewujudkan Kota Cirebon dalam melakukan Road Safety Partnership Action (RSPA) dalam pelaksanaan kegiatan lima pilar. Kegiatan RSPA 2021 tersebut digelar oleh Polisi Daerah (Polda) Jawa Barat.

Hingga akhirnya, secara khusus Kota Cirebon dicek oleh Tim Supervisi RSPA Ditlantas Polda Jawa Barat. Polda meninjau Kota Cirebon dalam rangka mengikuti kegiatan RSPA tersebut. Program RSPA merupakan program dari Korlantas Mabes Polri dalam keselamatan berlalu lintas.

Kasi Audit dan Inspeksi Subdi Kamsel Ditlantas Polda Jabar, AKP Jujun Junaedi mengatakan, pihaknya sengaja datang untuk melihat kota mana yang dapat menjadi nominasi untuk melaju ke tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Barat.

“Kami Tim Supervisi RSPA dari Ditlantas Polda Jabar datang ke Kota Cirebon sebagai pengecekan awal menjelang penilaian dari Tim Korlantas Polri. Kita cek mana yang dapat menjadi nominasi,” ujar Jujun.

Dalam pengecekan tersebut, setidaknya terdapat tiga orang yang secara langsung melihat prasarana pendukung Keselamatan Lalulintas mulai dari rambu-rambu hingga kotak P3K di kawasan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Andi Armawan MSi mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut guna memberikan kenyamanan dan juga keselamatan bagi para pengendara di jalan raya. Sehingga, bukan hanya sekadar juara saja.

2

“Kita lengkapi rambu-rambunya bersama dengan lima instansi lainnya, untuk kurangi angka kecelakaan lalu lintas. Lima pilar ini harus bisa kita tekankan terus menerus,” jelas Andi.

Andi menambahkan, pihaknya akan terus bersama dengan instansi lain untuk merawat dan menjaga rambu-rambu lalu lintas agar bisa ditaati oleh pengguna jalan. “Kita sama-sama sosialisasikan untuk turunkan angka kecelakaan,” tambahnya.

Senada, Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKBP LD Habibi Ade Jama SIK MH mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi dan pelaksanaan program RSPA tersebut sebagai upaya menertibkan lalu lintas untuk mengurangi angka kematian akibat kasus kecelakaan yang ada.

“Ini upaya kita untuk mengcegah kecelakaan dengan menambah rambu di jalur KTL. Kita benahi sarana-prasarana yang ada, sebelum pelaksanaan supervisi tahun 2021 ini,” tutupnya. (jrl)

Tags :
Kategori :

Terkait