Teten Masduki Sebut Potensi Ekonomi Digital RI Capai Rp1.700 Triliun

Jumat 29-10-2021,21:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MENTERI Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut, potensi ekonomi digital di Indoensia dinilai sangat besar dan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan. Pada 2025, potensi ekonomi digital diperkirakan sebesar Rp 1.700 triliun.

“Potensi ekonomi digital 2025 sebesar Rp1.700 triliun. Jangan sampai ini dimanfaatkan produk luar sehingga perlu upaya bersama,” kata Teten, Jumat (29/10/2021).

Teten menjelaskan, saat ini sistem dagang dunia tidak lagi konvensional melainkan sudah merambah digital. Pembeli dan penjual tak lagi diharuskan bertemu tetapi terhubung melalui jejaring digital. Untuk itu Indonesia harus bersiap.

“Middle main mungkin akan berkurang. Kita harus siapkan itu. Direktori digital menjadi penting menghubungkan buyer di pelosok,” ujarnya.

Menurut Teten, faktor ini menjadi alasan penting pemerintah untuk mendorong UMKM masuk digital. Apalagi di tengah pandemi minat berbelanja secara online terus naik.

“Ini penting mendorong UMKM masuk digital, total ada 22 kementerian menangani UMKM. Target pada 2024 sebanyak 30 juta UMKM kita masuk ke digital. Sekarang sudah 16, 24 juta,” terangnya.

“Transaksi e-commerce selama pandemi masuk naik 53 persen atau 3 juta per hari. Pendapatan ekonomi digital Rp640 triliun, ini juga masih ditengah pandemi,” pungkasnya. (fin)

Tags :
Kategori :

Terkait