Biden Mengaku Ceroboh dalam Kesepakatan AUKUS

Minggu 31-10-2021,03:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KESEPAKATAN kapal selam nuklir bersama Australia dan Inggris alias AUKUS diakui Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sebagai sebuah kecerobohan.

Kesepakatan kapal selam nuklir bersama Australia dan Inggris alias AUKUS diakui Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sebagai sebuah kecerobohan.

Pengakuan tersebut disampaikan Biden saat bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron di Roma Italia, jelang gelaran KTT G20 akhir pekan ini.

\"Apa yang terjadi adalah.. menggunakan frasa bahasa Inggris, apa yang kami lakukan \'clumsy\' (ceroboh), itu tidak dilakukan dengan berkah,\" tutur Biden, Jumat (29/10).

Pertemuan tersebut merupakan yang pertama usai AS dan Prancis sempat berseteru bulan lalu. Biden sebut Prancis merupakan sekutu terbaiknya.

\"Kami tidak memiliki sekutu yang lebih baik dari Prancis,\" ujarnya.

Dikutip kantor berita politik RMOLJabar, Pernyataan tersebut menunjukkan penyesalan AS sejak munculnya pertikaian diplomatik antar dua negara yang membuat Prancis menarik duta besarnya dari Washington dan Canberra.

2

Macron pun menyambut baik upaya Biden meredakan tensi antar dua negara tersebut. Ia menyebut telah menjalin serangkaian komunikasi dengan AS beberapa pekan terakhir.

\"Yang benar-benar penting sekarang adalah apa yang akan kita lakukan bersama dalam beberapa pekan mendatang, bulan-bulan mendatang, tahun-tahun mendatang,\" ujar Macron.

Perselisihan Prancis dan AS meletus bulan lalu setelah Australia membatalkan kesepakatan kapal selam AUKUS bernilai miliaran dolar dengan Perancis, dan memilih alternatif dengan AS-Inggris.

Pemerintah Prancis yang marah menyebut kesepakatan tersebut, yang menyebabkan pembatalan kontrak dengan Australia senilai lebih dari US$57,7 miliar sebagai \"Sebuah tikaman dari belakang\".(*)

Tags :
Kategori :

Terkait