Sebut Kiai Hasyim Asy’ari Kadaluarsa, Faizal Assegaf: Tidak Layak Dirujuk!

Kamis 04-11-2021,12:30 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

JAKARTA - Faizal Assegaf dengan lantang menyebut ketokohan pendiri Nahdatul Ulama (NU), Hasyim Asy’ari, sudah kadaluarsa dan usang.

“Ajaran Hasyim Asy’ari dedengkot pendiri NU ini sudah kadaluarsa. Sudah usang” kata Faizal Assegaf di kanal YouTube-nya, Kamis (4/11/2021).

Menurut dia, kelompok yang mengultuskan Hasyim Asy’ari, seharusnya ikhlas bahwa sejarah umat Islam Indonesia tidak berhenti pada satu tokoh, Hasyim Asy’ari. Ada banyak pejuang Islam yang jadi pahlawan bagi kemerdekaan RI.

Baca juga:

“Harus tulus dan ikhlas bahwa sejarah itu tidak berhenti pada satu jendela Hasyim Asy’ari. Tapi sejarah Indonesia dalam konteks kebangsaan, keumatan, itu beragama. Dapat dilihat pada keunggulan Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Cut Nyai Dien. Dan masih banyak lagi” ujar Faizal Assegaf.

Menurutnya, ketokohan Hasyim Asy’ari tidak bisa terus dipaksakan di arus zaman yang begitu maju saat ini. Di mana, orang dengan muda bisa mengakses ilmu agama dari berbagai rujukan.

“Jadi Hasim Asy’ari selalu dipaksakan seolah dia menjadi besar yang hidup di tengah arus zaman yang begitu maju, maka itu satu kebodohan kemunduran,” katanya.

Tags :
Kategori :

Terkait