Tips Memilih Pelembap yang Sesuai untuk Kulitmu

Kamis 04-11-2021,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

SETIAP orang membutuhkan pelembap, entah itu kondisi kulit yang normal, kering atau berminyak sekali pun. Bagi mereka yang memiliki kulit kering, pelembap bisa menjadi cara untuk mengurangi kulit yang pecah-pecah. Dan untuk yang memiliki kulit berminyak, tidak menggunakan pelembap hanya akan menyebabkan kulit memproduksi minyak lebih banyak.

“Dalam satu hari, kulit akan kehilangan kelembapannya. Pelembap dapat mengisi kembali kelembapan kulit sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi,” kata Melissa Doft, MD, ahli bedah plastik dan profesor di Weil Cornell Medical College. 

“Lebih dari itu, semakin bertambahnya usia kemampuan kelenjar minyak untuk memproduksi kulit akan semakin berkurang,” kata Doft. Hal ini dapat menyebabkan kulit bertambah kering dan lebih rentan mengalami kerusakan. Pelembap dapat mengembalikan proses ini dengan mengunci air dan mengisi kembali pelindung kulit (skin barrier).

Doft menyarankan untuk memilih pelembap yang memiliki bahan-bahan seperti berikut ini:

Gliserin 

2

Merupakan salah satu bahan yang paling umum terdapat di pelembap. Gliserin adalah humektan, yang berarti menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan menarik air dari udara dan lapisan kulit yang paling bawah. Ini membantu menjaga lapisan atas kulit dari kekeringan, karena kekeringan dapat merusak skin barrier atau melindungi kulit dari bakteri dan iritasi.

Asam hialuronat

Asam hialuronat juga merupakan bahan yang ditemukan di banyak pelembap, tetapi juga diproduksi secara alami oleh kulit untuk membantu menahan air. Namun, seiring bertambahnya usia, kulit kita akan mulai kehilangan asam hialuronat secara perlahan. Hal ini membuat kulit lebih rentan kering.

Shea butter

Shea butter adalah bahan alami lain yang berasal dari biji pohon shea. Ini bersifat emolien dan berfungsi untuk menghaluskan kulit dan menjaga kelembapan pada kulit. Dengan mengisi celah di kulit, emolien seperti shea butter dapat membantu menyembuhkan skin barrier yang rusak dan menyembunyikan ketidaksempurnaan untuk membuat kulit agar terlihat lebih muda.

Petrolatum 

Petrolatum adalah bahan oklusif yang bekerja dengan menciptakan lapisan pelindung di kulit yang dapat mencegah kelembapan menguap. Doft mengatakan bahwa petrolatum adalah oklusif paling efektif untuk mengunci kelembapan.(len/net)

Tags :
Kategori :

Terkait