FE UGJ Lepas Mahasiswa MBKM

Rabu 10-11-2021,10:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Sebanyak 26 mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Swadaya Gunungjati (UGJ) Cirebon mendapatkan kesempatan mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pelepasan sebanyak 26 mahasiswa ini dilakukan langsung Dekan FE UGJ DR Acep Komara MSi, didampingi Wakil Dekan I Moh Yudi Mahadianto SE MM, serta Wakil Dekan II Siska Ernawati Fatimah SE MM.

Dekan FE UGJ Cirebon, Acep Komara mengucapkan selamat atas terpilihnya mahasiswa mengikuti program MBKM. \"Selamat, kalian terpilih pertukaran mahasiswa merdeka!\" kata Acep.

Menurut Acep, apa yang diraih mahasiswa, adalah sesuatu yang menggembirakan, mendapatkan pengalaman belajar, dan dibandingkan dengan fakultas lain, Fakultas Ekonomi jumlahnya terbanyak yang dikirim. Yakni sebanyak 26 mahasiswa yang tersebar di Pulau Sulawesi.

Ke-26 mahasiswa ini, kata Acep, tersebar di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo dan tersebar di sembilan perguruan tinggi. Mulai di Universitas Hasanudin di Makassar, Universitas Negeri Makassar, Universitas Haluuleo Sulawesi Tenggara, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Tadulako, Universitas Fajar, Universitas Samratulangi, Universitas Muhammadiyah Sindereng Rappang, serta STIE Bongaya.

Program MBKM ini, masih kata Acep, ditempuh selama satu semester. Sebelum mereka berangkat, oleh UGJ diberikan pembinaan pembekalan ke mahasiswa. Termasuk manfaat mereka mengikuti program ini. Yakni mendapatkan living cost hingga transport, ditanggung oleh Kemendikbud Ristek RI.

Dengan MBKM, lanjut Acep, mahasiswa bisa punya wawasan kebhinekaan, dengan datang ke perguruan tinggi lain. Tidak hanya itu, mereka punya wawasan bahwa Indonesia wilayahnya luas. Suku dan adat istiadat berbeda, sehingga tumbuh rasa cinta tanah air. Mereka juga akan dikenalkan budaya setempat, karena nanti ada modul nusantara. “UGJ juga nanti menerima 98 mahasiswa dari luar,” ujarnya.

Acep berpesan, mahasiswa penerima program MBKM sebagai duta dari UGJ, supaya bisa menjaga nama baik kampus, serta ikuti aturan di sana. \"Adaptasi dengan lingkungan di sana, ikuti aturan perkuliahan secara disiplin, karena Anda dinilai dan membawa nama baik UGJ,\" pesannya. Sebagai bentuk dukungan, pihak kampus mendampingi mahasiswa ke bandara.

2

Wakil Dekan I, Moh Yudi Mahadianto SE MM mengaku bersyukur FE UGJ menorehkan kembali mahasiawanya mengikuti program tersebut. Rinciannya Program Studi Akuntansi 13 mahasiswa, terdiri dari, tingkat II ada 7 orang, tingkat III sebanyak 5 mahasiswa dan tingkat IV sebanyak 1 mahasiswa.

Kemudian, selain itu, Program Studi Managemen sebanyak 13 orang. Terdiri dari tingkat II sebanyak 6 mahasiswa, tingkat II sebanyak 2 mahasiswa dan tingkat IV sebanyak 5 mahasiswa.

Wakil Dekan II, Siska Ernawati Fatimah SE MM berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti program MBKM untuk menjaga diri, jangan terbawa arus. Jadikan pengalaman bisa di-share ke teman-teman, kabarkan kondisi orang tua. “Termasuk memberikan kabar ke dekan, rajinlah kuliah. Silahkan nikmati, jadikan pengalaman untuk kalian,” pungkasnya. (abd/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait